Rabu, 23 April 2014

Portal Kementerian BUMN | Direktori BUMN

Vision 2020 : "To be one of the best integrated Engineering, Procurement and Construction (EPC) and Investment Companies in South East Asia."

Prestasi

Info Bank Award 2013

Kegiatan

April  2014
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Min
   
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  

Kontak Kami

pic

Jajak

Menurut Anda keunggulan yang dimiliki WIKA dalam pengerjaan proyek adalah

  • Mutu (28%, 263 Votes)
  • Inovasi (23%, 218 Votes)
  • Berorientasi lingkungan (22%, 206 Votes)
  • Sistem Metode kerja (7%, 65 Votes)
  • Tepat waktu (5%, 48 Votes)

Total Voters: 932

Loading ... Loading ...

Kementerian BUMN Susun Prosedur Pengamanan Aset

20 Juli 2011

Kementerian BUMN dan Kepolisian Negara Republik Indonesia segera menyusun prosedur standar operasi, terkait dengan pengamanan aset perusahaan pelat merah senilai Rp 2.515 triliun.

Menteri BUMN Mustafa Abubakar mengatakan pihaknya dan Polri telah menandatangani nota kesepahaman koordinasi sosialisai kebijakan, pengamanan aset dan penegak hukum agar terwujud pembinaan, pengelolaan dan pengawasan BUMN yang transparan dan akuntabel.

Dia mengatakan pihaknya bersama Polri akan menetapkan prosedur dan tim pelaksana kegiatan itu paling lambat dalam 2 bulan setelah penandatanganan nota kesepahaman itu. Kesepakatan dengan Polri itu akan berlaku selama 5 tahun.

“Nota kesepahaman ini guna mengamankan aset-aset BUMN, baik aset produktif maupun non-produktif. Saat ini, aset 142 BUMN cukup besar, yaitu Rp 2.515 triliun atau 40% dari PBD [produk domestik bruto],” ujarnya di Kementerian BUMN kemarin.

Dia memaparkan Kementerian BUMN akan menggelar kegiatan sosialisasi kebijakan pembinaan, pengelolaan dan pengawasan BUMN kepada Polri.

Polri akan menyampaikan detail tentang kebijakan pengamanan, kerjasama dan koordinasi dalam penegakan hukum kepada Kementerian BUMN.

Adapun, Polri juga akan membantu pengamanan aset di lingkungan BUMN melalui beberapa kegiatan a.l. penyusunan konfigurasi standar pengamanan dan kualitas kemampuan pelaksanaan pengamanan.

Selain itu, pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia di bidang pengamanan, pelaksanaan audit sistem pengamanan, pengamanan aset dan pengawalan.

Dari sisi penegakan hukum, Polri akan berkoordinasi dengan Kementerian BUMN dalam pengungkapan penyebab suatu kejadian.

Kementerian BUMN telah berkomitmen untuk memberitahukan apabila ada informasi atas peristiwa yang dibutuhkan Polri.

“Jadi, tujuan nota kesepahaman ini guna meningkatkan transparansi BUMN dan mencegah pelanggaran-pelanggara,” kata Mustafa.

Pemberdayaan aset
Adapun, Kementerian BUMN sedang menggiatkan kerja sama antar BUMN, terkait dengan pemberdayaan aset.

Dua emiten konstruksi BUMN yaitu, PT Wijaya Karya Tbk dan PT Adhi Karya Tbk, bersama dengan delapan BUMN lainnya bersinergi untuk mengoptimalkan sejumlah lahan dan aset yang dinilai kurang produktif.

Ketujuh BUMN itu lainnya a.l. PT Hutama Karya, PT Waskita Karya, PT Bina Karya, PT Amarta Karya, PT Kawasan Berikat Nusantara, PT Pelabuhan Indonesia III, dan Perhutani III.

Mustafa mengatakan kerja sama sejumlah BUMN itu merupakan implementasi program sinergi antar perusahaan pelat merah, terkait dengan peningkatan efisiensi dan pengembangan BUMN dalam menghadapi persaingan global.

Bisnis Indonesia, 20 Juli 2011, hal. m2)



Kirim Komentar

Baca Komentar ( 0 )

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

: *


*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>