Anak Perusahaan PT Wijaya Karya (Persero)Tbk

 PT WIKA BETON

PT Wijaya Karya Beton Tbk (WIKA Beton), sebagai salah satu anak perusahaan dari PT Wijaya Karya (Persero), Tbk (WIKA), merupakan bagian dari ekspansi perusahaan yang mengkhususkan diri dalam industri beton pracetak. WIKA mulai berkonsentrasi pada industri beton pra-cetak pada tahun 1977 dengan mengembangkan panel beton pra-cetak untuk proyek perumahan bertingkat rendah. Sejak saat itu, WIKA bertekad untuk terus mengembangkan produk mereka untuk mengantisipasi rencana pembangunan dan proyek-proyek infrastruktur yang muncul.

Pengembangan produk telah menciptakan hasil ini: pra-stres tiang beton untuk jalur distribusi listrik dan tumpukan PC, kemudian diikuti oleh produk lain, misalnya, saluran terbuka beton, kereta api beton tidur, jembatan gelagar, tumpukan lembaran, pipa, lembaran Platform dan bangunan komponen yang telah diterapkan di berbagai macam proyek. Produk-produk tersebut muncul di waktu yang tepat dan berhasil menjadi produk terkemuka di pasar.

Terlepas dari pengembangan produk usaha, WIKA juga terus mengembangkan fasilitas produksi dengan menambah pabrik di beberapa lokasi. Sampai saat ini, WIKA Beton memiliki 9 (sembilan) pabrik di tujuh lokasi di seluruh Indonesia, seperti di Sumatera Utara, Lampung, Lampung Selatan, Bogor, Karawang, Majalengka, Boyolali, Pasuruan, Sulawesi Selatan dan 2 (dua) pabrik dari anak perusahaan. Didukung oleh sejumlah besar pabrik yang dimiliki, berbagai produk serta manajemen yang profesional, WIKA Beton menjadi produsen dan pemimpin pasar utama produk beton pra-cetak di Indonesia.

PT Wijaya Karya Beton Tbk memiliki visi untuk menjadi perusahaan terkemuka di industri pracetak produk beton. Saat ini WIKA Beton Tbk adalah produsen terbesar produk beton pracetak di Indonesia dan bahkan di Asia Tenggara. Keuntungan lain dari WIKA Beton Tbk telah memiliki pabrik yang tersebar di seluruh Indonesia yang memiliki pertumbuhan yang tinggi dari industri konstruksi dan menerapkan pola Precast Teknik-Produksi-Instalasi (EPI). WIKA Beton Tbk memiliki tiga (3) anak perusahaan, PT Wijaya Karya Komponen Beton (WIKA Kobe) pada tahun 2012, PT Wijaya Karya Beton Krakatau pada tahun 2013, dan PT Citra Lautan Teduh (cari di Batam) pada akhir 2014. Dalam jangka meyakinkan kualitas yang konsisten, WIKA BETON telah menerapkan "Sistem Manajemen Mutu ISO 9000".

Untuk informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi situs web www.wikabeton.co.id

 

 

 

PT WIKA GEDUNG

PT Wijaya Karya Gedung (WIKA Gedung), sebagai salah satu anak perusahaan dari PT Wijaya Karya (Persero), Tbk (WIKA) yang fokus bisnis pada bangunan pribadi, kantor, apartemen, kondominium hotel, pusat perbelanjaan, fasilitas pendidikan, dan bangunan komersial lainnya. Seiring dengan perkembangan PT WIKA Gedung, juga melakukan pengembangan bisnis untuk pasar luar negeri dan mengumpulkan pengalaman dan kelas untuk memasuki pasar pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan BUMN.

PT WIKA Gedung didirikan pada tanggal 24 Oktober 2008 dengan Sertifikat pendirian no. 43 dan wasiat dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia tanggal No. AHU.92223.AH.01.01. 1 Desember 2008, dengan modal dasar sebesar Rp 200 miliar dan modal ditempatkan dan disetor sebesar Rp 50 miliar. WIKA memiliki 99% saham di PT WIKA Gedung, 1% sisanya dimiliki oleh Koperasi Karyawan WIKA.

Sinergi dengan WIKA Group dimaksudkan untuk menciptakan peluang di pasar properti dan menggunakan produk dan jasa yang dihasilkan oleh WIKA Group.

 

PT WIKA INDUSTRI & KONSTRUKSI

 

Pada tahun 2010 WIKA Intrade (sekarang WIKA Industri & Konstruksi) upaya restrukturisasi melalui pembentukan anak perusahaan, PT WIKA Intrade Energi untuk memperluas unit bisnis konversi energi, yang bergerak dalam industri pemanasan matahari, dan produk konversi energi lainnya. Investasi dalam bentuk saham di Industri Konstruksi WIKA WINNER sebesar 40% (62.000 saham). Pada tahun 2011, restrukturisasi WIKA Industri & Konstruksi, WIKA membeli saham kepemilikan di WIKA Industri & Konstruksi sebagai Akta No.108 RUPSLB PEMENANG. tanggal 27 Desember 2011 yang dibuat di hadapan Notaris Sri Ismiyat, SH

 

PT WIKA REALTY

PT Wijaya Karya Realty (WIKA REALTY) memfokuskan bisnisnya di realty dan properti pembangunan yang juga mencakup jasa konsultasi, perencanaan, konstruksi dan jasa lansekap. WIKA REALTY telah mengembangkan beberapa perumahan perumahan sejak tahun 1985. Pada tahun 2001, WIKA REALTY diversifikasi usaha. Sebelumnya fokus sebagai pengembang, perusahaan melakukan usahanya di tiga bidang: pengembangan realty, manajemen properti dan jasa konstruksi.

Untuk mendukung bisnis properti khususnya pengelolaan gedung, PT Wijaya Karya menyerahkan berbagai aset tetap WIKA, seperti Office Towers dan Kawasan Industri, untuk dikelola oleh Wika Realty. Unit properti saat ini juga mengelola aset non-WIKA dan mulai mengelola apartemen.

Unit jasa konstruksi didirikan untuk memenuhi peluang dalam bisnis ini. Sumber daya yang dibutuhkan tersedia, dan konstruksi difokuskan pada proyek-realty terkait seperti Mal, Pusat Perdagangan, Bangunan Kantor, dan Perumahan Flats. Unit Realty sedang mengembangkan mendarat perumahan, dan juga telah memulai rumah vertikal atau bangunan bertingkat tinggi.

WIKA REALTY telah meraih beberapa penghargaan atas keberhasilannya dalam pembangunan realty baik dalam skala regional dan nasional, seperti: BCI Asia Awards 2013 dan 2014 (Top 10 Pengembang di Indonesia), 2014 Indocement Awards (Tamansari Hill Residence, Pengembangan Proyek Terbaik di Jawa Tengah), Residence Indonesia Awards 2014 (Tamansari Jivva, Terbaik Condotel dengan Resort dan Beachfront Konsep di Bali) 2009 HR Excellence Award (Kategori: Great Manajemen Kinerja, Keunggulan dalam Recruitment & Perencanaan Suksesi, Great Manajemen Talent, Great Engagement Organisasi) .

 

 

PT REKAYASA KONSTRUKSI

Diawali dari perusahaan PT Catur Insan Pertiwi yang berdiri tahun 1984, diakhir tahun 2008, tepatnya 18 November 2008 PT Catur Insan Pertiwi diakuisisi oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. dan berubah nama menjadi PT Wijaya Karya Insan Pertiwi (WIP). Pada tanggal 28 November 2013 perusahaan kembali melakukan transformasi untuk menangkap peluang pasar EPC dengan mengganti nama menjadi PT Wijaya Karya Rekayasa Konstruksi (WRK).

Saat ini Perusahaan mengelola pekerjaan Konstruksi dan Fabrikasi yang mencakup pekerjaan-pekerjaan mekanikal dan elektrikal serta Operation &Maintenance.

Proyek-proyek konstruksi dan fabrikasi yang telah diselesaikan pada tahun 2014 diantaranya adalah proyek SDS Dumai Refinery Expansion, dan proyek ME, Piping, Instrument and DCS Marunda.

 

 

PT WIKA BITUMEN

PT Wijaya Karya Beton Tbk (WIKA Beton), sebagai salah satu anak perusahaan dari PT Wijaya Karya (Persero), Tbk (WIKA), merupakan bagian dari ekspansi perusahaan yang mengkhususkan diri dalam industri aspal di Pulau Buton yang dikenal sebagai Aspal Buton (asbuton).

Bisnis pertambangan Asbuton sudah dimulai sejak jaman penjajahan Belanda pada tanggal 21 Oktober 1924, sedangkan pemberian konsesi pertambangan Asbuton selama 30 tahun untuk seorang pengusaha Belanda bernama A. Volker. PT Sarana Karya berubah menjadi Badan Usaha Milik Negara Perusahaan sejak 30 Januari 1984, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 1984.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 91 Tahun 2013, tanggal 24 Desember 2013, seluruh saham PT Sarana Karya (Persero) dijual kepada PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. Sejak 30 Juni 2014 PT Sarana Karya berubah nama menjadi PT Wijaya Karya Bitumen. Komposisi PT Wijaya Karya Bitumen atau PT WIKA Bitumen: PT Wijaya Karya (Persero) Tbk: 99% dan PT Wijaya Karya Bangunan: 1%.

Perusahaan akan dikembangkan untuk memasuki industri pengolahan Asbuton, menjadi produk bernilai tambah aspal yang dapat digunakan sebagai bahan untuk jalan dan industri bahan pendukung lainnya.

Program pengembangan industri pengolahan Asbuton Produk akan diproduksi menjadi Asbuton Ekstraksi oleh kualitas produk dan nilai tambah tinggi produk yang terdiri dari:

  •         Bahan Baku;
  •         Asbuton Granular;
  •         Asbuton Ekstraksi.