Rabu, 23 April 2014

Portal Kementerian BUMN | Direktori BUMN

PT Waskita Karya

Prestasi

Kegiatan

April  2014
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Min
   
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  

Kontak Kami

pic

Jajak

How Is My Site?

View Results

Loading ... Loading ...

Waskita Garap Perluasan Masjidil Haram

2 April 2013

 

Di awal tahun 2013 ini, Waskita kembali dipercaya oleh Saudi Bin Ladin Group untuk mengerjakan proyek-proyek di Timur Tengah. Yang paling baru adalah proyek prestisius di Mekah, yaitu “Increasing Mataf Capacity Project – Makkah : Structural Works (Raft, Columns, Beams and Slab)”. Dengan adanya proyek ini, Waskita makin mengukuhkan kiprahnya sebagai kontraktor yang terus berkembang di Timur Tengah. Nur Andono BS, selaku Kepala Cabang Waskita yang berada di Jeddah, menyampaikan bahwa kepercayaan terhadap kemampuan Waskita terus meningkat dari tahun ke tahun. Sebagai kontraktor dari negeri yang mayoritas penduduknya beragama Islam, maka prestasi Waskita makin menarik untuk diajak bekerja sama di bidang jasa konstruksi, karena didukung oleh kemampuan teknisnya yang tidak kalah dengan kontraktor besar lainnya di Timur Tengah. Proyek Waskita di Masjidil Haram ini memberikan tantangan tersendiri, karena langsung disaksikan oleh seluruh penjuru dunia, melalui wakil-wakil mereka saat menjalankan ibadah Haji atau Umroh, yang selalu bertambah jumlahnya dari tahun ke tahun.

Ketua Umum Urusan Dua Masjid Suci Sheikh Abdul Rahman As-Sudais, yang bertanggung jawab atas Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah, menyatakan bahwa pekerjaan pembongkaran yang sedang berlangsung terkait perluasan mataf atau tempat tawaf di sekeliling Ka’bah sejauh ini telah mencapai 70 persen dari seluruh pekerjaan.

Sheikh Abdul Rahman As-Sudais juga menyatakan proyek besar itu adalah tantangan utama bagi proyek yang menuntut keahlian rekayasa, teknis dan keuangan setelah penyelesaian sekitar 70 persen pekerjaan pembongkaran di sisi timur dan timur-laut Masjidil Haram. “Sisa pembongkaran akan dituntaskan dalam waktu dua pekan dan kemudian pengerjaan konstruksi fondasi baru akan segera dimulai,” kata Sheikh As-Sudais, Selasa.

Ia juga menegaskan studi menyeluruh telah dilakukan untuk memastikan kuantitas dan kualitas air Zamzam yang mengalir ke dalam sumur Zamzam tidak terpengaruh pekerjaan konstruksi yang dilakukan. Selain itu, juga diupayakan untuk menghindari kekeliruan apa pun yang dapat mengakibatkan perubahan lingkungan pada cekungan Lembah Ibrahim serta daerah sekitarnya dan di dekat sumur Zamzam sendiri.

Sheikh As-Sudais juga menyatakan pemeriksaan dan kajian terhadap air Zamzam dilakukan sebelum dan setelah pelaksanaan proyek perluasan. Menurut dia, tak ada dampak lingkungan hidup pada kualitas air atau jumlah aliran di bagian persimpangan lembah dengan proyek perluasan.

As-Sudais juga meminta kontraktor proyek itu menggandakan upaya guna memastikan kecepatan penyelesaian pekerjaan pada tahap pertama perluasan, sebelum datangnya Bulan Suci Ramadhan pada awal Juli mendatang, di mana jemaah umrah biasanya meningkat pesat. (Dari berbagai sumber)



Kirim Komentar

Baca Komentar ( 0 )

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

: *


*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>