SPECIAL STUDI WADUK SIMO (PAKET Pju-Cs-11)

Seiring dengan bertambahnya umur bendungan, fungsi dan kondisi fisik bendungan akan mengalami kerusakandiantaranya pada tubuh bendungan mengalami penurunan / settlement. Longsor / sliding di bagian hilir pada tengah bendungan, seepage di bawah bagian longsor sehingga menyebabkan area sangat basah (wet area), spillway mengalami kehanncuran dan keadaan sedimen yang parah sehingga menyebabkan kapasitas waduk hanya 495.000 m3.

Dengan adanya kejadian tersebut maka Satuan kerja Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum melakukan suatu studi khusus (special study) untuk mengetahui penurunan / settlement tubuh bendungan, pengecekan kapasitas dan fungsi spilway, longsoran dan seepage serta usulan penanganan sehingga kelestarian fungsi dan keamanan bendungan dapat selalu terjaga. Selain itu melindungi pemukiman yang berada di hilir dari potensi bahaya bendungan.

Ruang lingkup kegiatan yaitu melakukan studi khusus program DOISP sesuai rekomendasi hasil pemeriksaan lapangan.

Sasaran kegiatan adalah :

  1. Melakukan studi secara cermat kerusakan bendungan yang terjadi akibat rembesan, pergeseran tubuh bendungan dan keretakan dan deformasi atau penurunan
  2. Mengetahui secara terukur kondisi sedimentasi waduk yang terkini, serta gambaran tentang instrumen keamanan bendungan.

Satuan Kerja Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum menunjuk PT. Virama Karya (persero) untuk melaksanakan pekerjaan ini dengan kontrak kerja :

Kontrak induk : KU.03.01-Ao.6.2/PERROG-BBWSPJ/KNT-DOISP/PJU-CS-11, dan

AMANDEMEN III : KU.03.01-Ao.6.2./PERPROG-BBWSPJ/AMD-KNT-DOISP/PJU-CS-11

pekerjaan ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2013  sampai dengan Mei 2013

waduk simo


Kategori PRODUK