Sunday, 20 April 2014

Portal Kementerian BUMN | Direktori BUMN

PT Taspen (Persero)

Visi Kementerian BUMN : "Meningkatkan peran BUMN sebagai instrumen negara untuk peningkatan kesejahteraan rakyat berdasarkan mekanisme"

Achievements

Activity

April  2014
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
   
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  

Contact Us

pic

Polls

How Is My Site?

View Results

Loading ... Loading ...

(Indonesia) TASPEN Peduli Kelestarian Alam

17 December 2012

Komitmen TASPEN dalam pelestarian lingkungan hidup tak perlu diragukan lagi, Buktinya, di Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional tahun 2012, BUMN yang mengurus dana asuransi dan pensiunan tersebut menyumbang 30.000 (tiga puluh ribu) bibit pohon penghijauan.

Begitulah yang terjadi 12 Desember 2012 di sekitar lokasi pameran Temanggung Tilung dan Taman Nasional Sebangau, Secara Simbolis bantuan bibit pohon di serahkan oleh  Direktur TASPEN di wakili Imam Yudha Haryadi selaku Kepala Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) Pusat kepada Gubernur Kalimantan Tengah, Agustin Terasnarang, SH turut menyaksikan Kepala Cabang TASPEN Palangkaraya, Ariyandi.

Kata Imam, TASPEN sebagai BUMN mendapat amanah Kementerian BUMN untuk melakukan penanaman pohon sebanyak 100 ribu pohon di 45  kantor cabang se-Indonesia, Jenis pohon yang disumbangkan pada Pemerintah Propinsi Kalimantan Tengah  antara lain Ulin, Trembesi, Mahoni, Tanjung, Tengaring, Jelutung dan Ketapang.

“ Secara nasional di tahun 2012 TASPEN sudah merealisir 110 ribu pohon atau telah melampaui target. Ini bentuk perhatian konkret TASPEN melalui program bina lingkungan terhadap kelestarian lingkungan hidup. Karena suatu kewajiban bagi kita agar selalu menjaga dan melestarikan alam ini, sehingga alam tersebut dapat membawa manfaat dan bersahabat dengan kita, bahkan rela memberi keuntungan yang banyak kepada kita,” ujar Imam.

Didampingi Kepala Cabang TASPEN Palangkaraya, Ariyandi, Imam menjelaskan selain bermaksud membantu melestarikan lingkungan, bantuan bibit pohon dari TASPEN adalah sebagai stimulant agar masyarakat lebih peduli lagi dengan lingkungan sekitarnya. “ Dan yang tidak kalah penting agar masyarakat mengetahui eksistensi TASPEN, sekaligus tugas pokok dan fungsinya,” ujarnya diamini Ariyandi.

Penanaman secara langsung dilakukan oleh Gubernur Kalimanten Tengah, Agustin Teras Narang, Walikota Palangkaraya, H.M. Riban Satia, Kepala Dinas Kehutanan Propinsi, Sipet Hermanto, Kapolda Kalteng Brigjen Pol Bachtiar Hasanudin Tambunan, Perwakilan Direktur TASPEN Jakarta, Imam Yudha Haryadi, beserta jajaran pejabat di lingkungan Pemprov dan Pemko.

Gubernur mengatakan, gerakan menanan pohon di Kalteng terus dilakukan secara kesinambungan. Selain di wilayah Kota Pangkaraya juga di seluruh kabupaten di wilayah Kalteng. “ Kita terus  berupaya melakukan gerakan penanaman pohon di Kalteng, seperti yang dilakukan saat ini (12/12) di sekitar Temanggung Tilung dan Taman Nasional Sebangau,” kata beliau.

Penanaman pohon ini sebagai bentuk dukungan terhadap program yang dicanangkan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono terkait masalah lingkungan, agar seluruh wilayah di Indonesia melakukan penanaman pohon untuk menjaga lingkungan tetap hijau dan lestari.

Seperti penanaman kali ini, sebut Teras, sengaja dilakukan di Kawasan Taman Nasional Sebangau. Sebab, daerah ini sebagai paru-paru dunia yang banyak menyumbang mengurangi emisi karbon yang terus gencar dilakukan sejumlah Negara-negara di dunia.

“ Kita dapat memperlihatkan kepada dunia, bahwa di Taman Nasional Sebangau ini salah satu penyumbang terbesar untuk mengurangan emisi. Karena kita tahu di Sebangau ini, kesediaan deposit karbon cukup besar,” ujarnya.

Tidak hanya itu saja, TASPEN turut berperan aktif terhadap kelestarian alam yang dicanangkan Propinsi Palangkaraya yaitu :  “GERAKAN PENANAMAN POHON 1 MILIAR”.

Menurut Kepala PKBL, Imam Yudha Haryadi bantuan yang diberikan kepada Propinsi Palangkaraya merupakan Wujud Nyata dan Kepedulian TASPEN terhadap kelestarian alam yang berlandaskan : “ Keputusan Menteri BUMN Nomor : 236/MBU/2003 tanggal 17 Juni 2003 tentang Program Kemitraan BUMN dengan Usaha Kecil dan Program Bina Lingkungan”. Program bina lingkungan bertujuan memberikan manfaat kepada masyarakat di wilayah usaha BUMN dalam bentuk bantuan korban bencana alam, pendidikan/pelatihan, peningkatan kesehatan, penanggulangan prasarana dan sarana umum, sarana ibadah serta pelestarian alam, tuturnya. [soleh humas]



Kirim Komentar

Baca Komentar ( 0 )

Your email address will not be published. Required fields are marked *

: *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>