Thursday, 17 April 2014

Portal Kementerian BUMN | Direktori BUMN

PT Taspen (Persero)

Visi Kementerian BUMN : "Meningkatkan peran BUMN sebagai instrumen negara untuk peningkatan kesejahteraan rakyat berdasarkan mekanisme"

Achievements

Activity

April  2014
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
   
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  

Contact Us

pic

Polls

How Is My Site?

View Results

Loading ... Loading ...

(Indonesia) Indonesia Investment Summit 2012

24 July 2012

Jakarta – Setelah tahun sebelumnya tampil menjadi nara sumber dalam Indonesia Investment Summit, di tahun 2012 ini Taspen kembali didapuk menjadi salah satu pembicara dalam event yang sama. Tahun ini Direktur Investasi Taufik Hidayat bertindak kembali sebagai narasumber dalam Indonesia Investment Summit 2012 hari Rabu lalu (11/07/12). Bertempat di Grand Hyatt Hotel Jakarta, acara yang dihadiri oleh sejumlah investor dan para pembicara yang merupakan praktisi di dunia investasi ini sekaligus memberikan kesempatan bagi para investor untuk lebih memahami bagaimana posisi bisnis saat ini dan strategi investasi terutama di wilayah Asia. Indonesia Investment Summit sendiri diselenggarakan untuk mengumpulkan para investor dan fund managers supaya dapat bersama-sama mendiskusikan strategi mengenai bagaimana mengakses dan menanamkan modal terutama pada emerging Indonesian market.

Dalam kesempatan tersebut Taufik memaparkan presentasi bertajuk “The Return to Investment Grade and What It Means for Indonesian Bond Markets” yang antara lain berisi paparan mengenai the return to investment grade, robust macro economy, the investment grade means, more attractive bond market, dan bond market comparison.

Menurut Taufik, Indonesia saat ini menghadapi berbagai tantangan ekonomi diantaranya resesi ekonomi yang melanda Eropa kemungkinan bisa saja mengenai wilayah Asia Tenggara namun diperkirakan tidak akan mempunyai dampak yang besar terhadap Indonesia; ketidakpastian adanya solusi atas krisis Eropa serta pemulihan yang lambat dari ekonomi di AS bisa menyebabkan depresiasi terhadap nilai rupiah; volatilitas harga komoditas global dan ekonomi Cina yang melambat bisa secara signifikan menghantam nilai ekspor; masih adanya potensi untuk menaikkan harga minyak yang akan menyebabkan inflasi; serta bank sentral yang secara teratur telah mengeluarkan fasilitas deposit dollar berjangka untuk mengatasi kelangkaan devisa.

Taufik juga menjelaskan mengenai Taspen’s experience on bonds’ portfolio yang terdiri dari Program Asuransi dan Program Pensiun yang ternyata direspon dengan sangat baik oleh para peserta seminar yang hadir dengan beberapa pertanyaan yang diajukan. Dalam hal ini Taufik menjelaskan secara garis besar mengenai bagaimana Taspen mengelola dana pensiun PNS yang diamanahkan oleh pemerintah Indonesia. Untuk Dana Pensiun, para peserta diminta untuk memberikan kontribusi setiap bulannya di waktu mereka masih aktif bekerja. Sedangkan dari sisi investasi Dana Pensiun, tidak ada alokasi terhadap saham. Namun di lain pihak untuk Program Asuransi, Taspen diperbolehkan untuk mengalokasikan dana hingga mencapai 40% dari total saham. (nv/sol/)



Kirim Komentar

Baca Komentar ( 0 )

Your email address will not be published. Required fields are marked *

: *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>