Peran SUCOFINDO dalam Pengawasan Barang Impor

Pada era tahun 60-80an, nama Sucofindo sangat identik dengan bidang perdagangan. PT Superintending Company of Indonesia merupakan perusahaan inspeksi pertama di Indonesia, yang mulanya hanyalah sebuah badan yang dibentuk pemerintah Indonesia pasca kemerdekaan yang tugasnya membantu mengawasi pengiriman bantuan asing dalam bentuk bahan-bahan makanan, mulai saat pengiriman hingga sampai di Indonesia. Tugas ini kemudian berkembang dalam pengawasan di bidang perkebunan dan komoditas pertanian  yang merupakan bisnis besar dan utama pada masa itu.

 

PT SUCOFINDO (Persero) berkonsentrasi pada jasa inspeksi komoditas pertanian, diantaranya beras, untuk pengadaan kebutuhan dan cadangan pangan Nasional. Seiring dengan kemajuan pembangunan dan industri di Indonesia, SUCOFINDO pun menyelaraskan diri hingga tumbuh menjadi perusahaan inspeksi nasional terbesar dinegeri ini.

 

Keanekaragaman jasa SUCOFINDO dikemas secara terpadu, jaringan kerja Laboratorium dan cabang-cabang serta titik layanan tersebar di berbagai kota di seluruh Indonesia dan didukung tenaga profesional yang ahli di bidangnya. Saat ini SUCOFINDO SBU. Agricultural telah mengembangkan jasanya dibidang supervisi yaitu melakukan pengawasan penerimaan barang impor mulai dari pelabuhan bongkar sampai ke gudang penerima.

 

Kegiatan pengawasan/supervisi SUCOFINDO SBU. Agricultural di pelabuhan bongkar meliputi : Pengawasan pembongkaran ( Superviison of discharge ) dengan melakukan tally per bag, jika menggunakan kemasan dan melakukan pengawasan bagging di kade jika barangnya curah, pengawasan penimbangan di jembatan timbang  dan melakukan penyegelan truk yang digunakan, utk mencegah adanya  pengurangan muatan truk selama perjalanan ke gudang

 

Menurut Iskandar, Senior Manager SBU Agriculture, SUCOFINDO juga melakukan pengawasan di gudang penerimaan, meliputi :  Pengawasan Receiving di gudang diantaranya melakukan pengecekan seal truk, melakukan pengawasn penimbangan di gudang dan melakukan tally bag serta pengawasan penimbangan di gudang.

 

Selain kegiatan diatas, SUCOFINDO juga dapat melakukan pengecekan mutu dari produk yang diimpor, yakni dengan melakukan pengambilan sample dan melakukan analisa terhadap mutunya, kata Iskandar.[za]/arf

 

Source :Infocus


Kategori Berita