PEMERINTAH AKAN jUAL 16 BUMN TAHUN 2008

Melihat pelaksanaan program privatisasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tahun ini rada seret pemerintah rupanya ingin berbenah.Karenanya jauh-jauh hari ia sudah mempersiapkan daftar BUMN yang masuk program privatisasi tahun 2008.Kementrian BUMN mengusulkan kepada Komite Pivatisasi untuk melepas saham 16 BUMN tahun depan.
Menurut Sofyan Djalil, Mentri Negara BUMN nama dan jumlah perusahaan tersebut masih bisa berubah "Harus dibawa terlebih dahulu ke Komite Privatisasi" Katanya dalam rapat kerja dengan Komisi Keuangan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Jakarta kemarin (16/7)
Pemerintah akan menempuh dua poa privatisasi. Pertama adalah melalui penawaran saham perdana(IPO) yang masuk program IPO adalah : PT Asuransi Jasindo, PT Krakatau Steel, PT Bank BTN, PT Semen Baturaja, PT Sucofindo, PT Surveyor Indonesia, PT Waskita Karya dan Rekayasa Industri. Sisanya sebanyak delapan BUMN dijual kepada investor strategis atau lewat program strategic sales.
Melalui IPO, pemerintah akan melepas rata-rata 30% - 33% sahamnya ke publik. Sedangkan lewat strategic sales pemerintah melepas antara 40% - 100% sahamnya. Sofyan Djalil berjanji akan melaksanakan pola divestasi strtegic sales ini dengan sangat selektif dan hati-hati.
Selain itu pemnerintah berniat melego lagi sebagain sahamnya di Bank Mandiri dan BRI pada tahun 2009. Sayang Sofyan belum mengungkapkan target dana dari privatisasi BUMN itu dan alokasi penggunaannya "kalau dibutuhkan hasil privatisasi digunakan untuk menutupi kebutuhan APBN" imbaunya
Satri Utomo analis Recapital Securities, menilai sahampsaham BUMN yang masuk bursa saham itu memiliki prospek cerah " Apalagi track record bUMN yang selama ini masuk bursa cukup bagus " ujarnya.

Source :Makassar


Kategori Berita