NGURUS PKB LEBIH CEPAT, KANTOR SAMSAT PEROLEH ISO

Saat ini hanya dibutuhkan waktu kurang dari satu jam untuk mengurus perpanjangan PKB di seluruh kantor samsat di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Bahkan jika wajib pajak (WP) membayar PKB lewat mobil samsat keliling hanya diperlukan waktu sekitar 15 menit.
Atas keberhasilan meningkatkan pelayanan serta meningkatkan sistem kerja tujuh kantor samsat di wilayah Polda Metro Jaya memperoleh sertifikat ISO 9001-2000. Ketujuh kantor samsat itu adalah Samsat Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Kota Tangerang, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Samsat Depok.
Sebelumnya sertifikat ISO 9001 2000 diperoleh Kantor Satpas SIM Daan Mogot, Kantor Samsat Jakarta Selatan, Samsat Jakarta Timur dan Samsat Jakarta Barat.
"Penghargaan ini diterima berkat kerja keras semua pihak termasuk Dispenda dan Asuransi Jasa Raharja", ujar direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Djoko Susilo.
Sertifikat ISO 9001 2000 yang diterima seluruh kantor samsat itu terkait upaya percepatan pelayanan yang dilakukan di semua kantor samsa. Bnetuk percepatan itu antara lain dengan menambah loket pembayaran di setiap samsat. Misalnya di Samsat Jaksel yang berlokasi di Polda Metro Jaya jumlah loket yang sebelumnya hanya lima ditambah menjadi enam loket.
"Ini sangat membantu mempercepat pengurusan STNK karena proses pembayaran menjadi lebih cepat karena tidak perlu antri lebih lama" kata Djoko Susilo.
Selain itu untuk mempercepat pengurusan STNK, WP juga dapat membarayar melalui ATM Bank DKI yangtersedia di setiap Samsat atau ATM Bank DKI dimanapun di wilayah Jakarta. WP cukup menyerahkan struk pembayaran ATM petugas langsung melakukan pemeriksaan keabsahan pembayaran tersebut. Pembayaran lewat ATM sudah tersambung secara on line ke bagian kasir di loket pembayaran " kata Djoko Susilo
Selain menambah loket pembayaran perbaikan yang dilakukan adalah sistem on line STNK dengan BPKB dan Kantor ATPM, sistem on line Kantor Samsat dengan TMC termasuk sistem on line Samsat dengan Deperindagserta Bea dan Cukai.
Kapolda Metro Jaya Irjen Adang Firman mengatakan sebagai unit pelayanan umum, samsat tidak dapat menghindar dari tuntutan perubahan. Pemberian sertifikat ISO 9001 2000 merupakan bukti sistem mutu layanan ini benar-benar dilaksanakan dengan dilakukan peningkatan oleh internal samsat dan monitor dalam bentuk management review secara berkesinambungan
"walau begitu kami tetap berharap ada koreksi dari masyarakat, supaya kami bisa memberikan kepuasan bagi masyarakat"kata Kapolri

Source :Bisnis Indonesia


Kategori Berita