Pemerintah Tunjuk Surveyor Verifikasi Ekspor Beras

Pemerintah menunjuk dua lembaga surveyor untuk memverifikasi ekspor dan impor beras. Mereka adalah PT Sucofindo dan PT Surveyor Indonesia " Dua lembaga itu sudah ditetapkan tapi saya bisa mencabutnya atau menambah lagi bila dibutuhkan" kata Mari akhir pekan lalu.

Pemilihan kedua lembaga itu tertuang dalam Peraturan Menteri Nomor.336/M-DAG/KEP/4/2008 tentang penetapan surveyor sebagai pelaksana verifikasi atau penulusuran teknis impor dan ekspor bera. Menteri Perdagangan Maari Elka Pangestu meneken aturan tersebut pada 23 April 2008 dan resmi mengeluarkannya pada 2 Mei 2008 Aturan mulai berlaku sejak diteken.

Adapun bentuk verifikasi yang mesti dilakukan oleh Sucofindo maupun Surveyor Indonesia antara lain L: Pencarian data tentang negara asal muat beras, specifikasi beras yang mencakup pos tarif dan uraian beras, jenis beras, dan volume beras. Slain itu verifikasi juga akan menelusuri data tentang waktu pengapalan, pelabuhan tujuan, sertifikat dan negara asal/lembaga pemberi hibah (khusus untuk beras hibah), nama dan alamat eksportir, negara serta nama dan alamat importir dan importir biaya berifikasi ini menjadi kewajiban ekportir dan importir. "Lembaga surveyor berhak memungut biaya" tambah Mari.

Source :Kontan


Kategori Berita