Peran Sucofindo Sebagai Perusahaan Pemastian bagi Dunia Industri dan perdagangan

Kegiatan Pemastian dalam kehidupan sehari-hari tidaklah asing bagi kita. Pemastian kualitas atau kandungan terhadap suatu produk adalah salah satu diantara begitu banyaknya pemastian yang dituntut.

Untuk itu kehadiran jasa pemastian diperlukan di dunia industri dan perdagangan. Jasa yang diberikan adalah memberikan kepastian kuantitas, kualitas, dll bagi kepentingan kedua belah pihak, pihak penjual dan pembeli, perusahaan dan konsumen, ataupun pemerintah. Sucofindo merupakan salah satu perusahaan pemastian yang kegiatannya diantaranya inspeksi, pengujian dan sertifikasi di Indonesia

PT SUCOFINDO (Persero) yang telah 56 tahun berdiri, mengawali bisnisnya dari kegiatan perdagangan, terutama komoditas pertanian, serta kelancaran arus barang dan pengamanan devisa Negara dalam perdagangan ekspor-impor.

Seiring perkembangan kebutuhan dunia usaha, PT SUCOFINDO (Persero) melakukan langkah kreatif dan menawarkan inovasi jasa-jasa baru berbasis kompetensinya.  Diversifikasi tersebut meliputi Inspeksi dan Audit, Pengujian dan Analisa, Sertifikasi, Pelatihan, dan Konsultasi, yang terdiri dari 85 jenis jasa. Saat ini Sucofindo merupakan perusahaan inspeksi nasional terbesar di Indonesia.

PT Sucofindo memiliki 85 jenis jasa utama di 65 titik layanan, yang terdiri dari 32 kantor cabang dan 34 kantor unit pelayanan yang tersebar di seluruh Indonesia. Sucofindo juga memiliki 45 layanan laboratorium terpadu yang menyediakan layanan pengujian, analisa dan kalibrasi. Semuanya mendapat pengakuan berupa sertifikasi dan akreditasi nasional dan internasional

Kegiatan operasional dan dukungan bisnis Sucofindo dijalankan oleh kurang lebih 2.500 pegawai dengan kompetensi dan pengalaman yang beragam. Dukungan ini menjadikan Sucofindo perusahaan inspeksi, pemeriksaan dan sertifikasi yang terbesar yang beroperasi di Indonesia.

Khusus di Kawasan Timur Indonesia, Sucofindo memiliki cabang di Makassar, Manado, Timika, Tarakan, Denpasar, Palu, dll.
Seiring dengan pembangunan berbagai infrastruktur di Indonesia Timur, seperti pembangunan pelabuhan, Sucofindo dapat membantu dalam proses feasibility study, analisa dampak lingkungan serta kegiatan lainnya terkait dengan kemaritiman.

Untuk bidang minerba, Sucofindo juga dapat membantu dalam proses konsultansi pembangunan dan operasional smelter dan menyediakan jasa Mineral Processing dan Coal Bed Methane (CBM) untuk mendukung peningkatan nilai produk mineral dalam negeri.

Untuk Pengembangan jasa lainnya, saat ini Sucofindo mengembangkan jasa seismic data acquisition, drill stem testing, integrated environmental monitoring management, carbon project, Survey and Mapping, Green Certification, dan Pengujian Produk Panas Bumi (Geothermal).

Sertifikasi sebagai salah satu produk pemastian, memiliki prospek pasar menjanjikan di Indonesia, mengingat keunggulan Sucofindo dibanding para kompetitor. SUCOFINDO memiliki citra yang baik sebagai lembaga berkredibilitas tinggi dalam mengeluarkan sertifikasi.

Sertifikasi yang dikeluarkan SUCOFINDO diantaranya untuk  Produk, Sistem Manajemen, dll. Tahun 2014, Sucofindo membantu IKM mainan anak untuk menghasilkan produk dengan standar SNI melalui sosialisasi dan pemberian keringanan biaya pengujian bagi beberapa IKM terpilih. Sucofindo juga diberi kepercayaan untuk mensertifikasi hotel oleh Kemenparkeraf.


Kategori Pengumuman