CEO Notes # 55 - RUPS Phapros 2017: Moving Forward To Infinity War….

Assalamualaikum wr.wb,

Ibarat pengelana padang pasir, setelah mengalami perjalanan panjang yang penuh dengan liku-liku dalam safarinya yang kadang dihadang badai atau perompak gurun kejam, sekarang saatnya berlabuh di oase dan menghitung semua hasil keuntungan dagang, membagi dengan para sekutunya dan kembali menata kafilahnya agar perjalanan berikutnya lebih lancar dan aman. Demikian pula PT Phapros Tbk, salah satu anak perusahaan RNI yang sudah berstatus public company disamping PT GIEB, pada tanggal 26 April 2018 menyelenggarakan RUPS Tahunannya di Semarang.

Meskipun tidak pakai perayaan belly dance atau tari perut, tapi nuansa RUPS kali ini penuh dengan kegembiraan. Bayangkan saja, dividen yang dibagi adalah 70% dari laba bersih perusahaan, meningkat 20% dibandingkan tahun yang lalu atau secara nominal dividen yang dibagikan sebesar adalah Rp. 87,7 miliar . Bagi anda yang punya saham Phapros, EPS (earning per share) yang meng-gambarkan keuntungan per lembar saham juga naik dari Rp. 500 menjadi Rp. 750. Bagi yang tidak punya, silakan menelan ludah saja.…

Diawali dengan paduan suara PT Phapros yang mengalunkan lagu “Jaran Goyang” dengan lemah lembut sehingga tidak sampai “mengguncang” para pemegang saham yang hadir, RUPS dihadiri oleh 80,51% suara sah. Sangat sah termasuk untuk kuorum RUPS LB yang memang dipersyaratkan untuk mengambil beberapa keputusan strategis kali ini, antara lain adalah agenda menambah modal dasar perseroan melalui HMETD (Hak untuk Memesan Efek Terlebih Dahulu) sebagai ancang-ancang untuk IPO yang rencananya akan dilaksanakan tahun depan.

Saya sebagai wakil PT RNI yang memiliki 95 juta lebih lembar saham atau 56,77% dari total saham 168 juta lembar alias sebagai pemegang saham pengendali merasa sangat pantas untuk mengusulkan kepada RUPS agar membagi kegembiraan kepada seluruh pemegang saham dengan membagi divi-den 70% tersebut. Betapa tidak. Angka-angka kinerja perseroan yang disampaikan oleh Direktur Utama PT Phapros Ibu Barokah Sri Utami - pemenang award Best CEO RNI Group - yang juga su-dah sangat valid karena sudah audited menunjukkan kinerja luar biasa. Laba perseroan meningkat 44% dari Rp. 87 Milyar tahun lalu ke Rp. 125 Miliar. Sementara omsetnya juga tumbuh 23% atau naik dari Rp. 816 Miliar menjadi Rp. 1 Triliun lebih. Pertumbuhan kinerja Phapros ini jauh di atas ra-ta-rata pertumbuhan industri farmasi nasional yang justru minus 2%.

Walaupun sudah menunjukkan kinerja yang luar biasa, Direksi Phapros juga tidak bisa enak-enakan karena para pemegang sahamnya juga selalu kritis, terutama pemegang saham yang merupakan para mantan pejabat di Phapros, khususnya di bidang keuangan. Piutang kepada distributor adalah salah satu yang selalu disoroti agar selalu bisa ditekan seminimal mungkin. Padahal jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya sudah jauh lebih baik karena saya sebagai Komisaris Utama sekaligus pemegang saham di Rajawali Nusindo yang menjadi distributor tunggal PT Phapros sudah mendorong mereka agar mengambil pendanaan melalui skema distributor financing dalam upaya memenuhi kewajibannya kepada Phapros. Maklum saja, para pemegang ini tentunya ingin agar perseroan mendapatkan laba dan membagi dividen sebesar-besarnya.

Sebagai pemegang saham pengendali, saya justru lebih berkepentingan agar PT Phapros ini tumbuh semakin besar ke depan. Kalau dibandingkan dengan perusahaan farmasi milik BUMN lainnya, Phapros memang memiliki keunggulan Net Profit Margin terbaik sebesar 12,2 % tetapi dari segi sales, masih dibawah Indo Farma, apalagi Kimia Farma penjualannya mencapai lebih dari Rp. 6 Tri-liun. Oleh karenanya, melalui RUPS ini saya masukkan beberapa agenda strategis agar perseroan semakin berlari kencang ke depan yang pengambilan keputusannya melalui RUPS LB.

Pertama adalah perluasan bidang usaha. Semula perseroan bergerak di bidang usaha yang terkait dengan obat-obatan dan alat kesehatan, sekarang akan ditambahkan dengan kosmetika dan ma-kanan dan atau minuman. Rupanya walaupun selama ini untuk kedua bidang usaha tersebut mes-kipun sepintas barangnya sama, yaitu sama-sama benda yang diminum atau dioles, tetapi karena pe-runtukkannya berbeda diperlukan ijin tersendiri untuk pengusahaannya. Kelak, jika anak perusahaan RNI Group ingin mengembangkan industrinya ke arah bidang tersebut baik berbasis teh atau tebu atau sawit, akan semakin terbuka untuk bersinergi dengan Phapros.

Dengan rencana pengembangan bisnis ke depan, perseroan memanfaatkan peluang right issue untuk menambah modal perseroan yang ditawarkan terlebih dulu kepada para pemegang saham sebelum ditawarkan kepada publik. Melalui mekanisme ini, perseroan akan medapatkan dana murah karena tidak ada kewajiban untuk membayar bunga dan pokok. Indikasi saham yang akan dilepas adalah 207 juta lembar dengan perolehan dana sekitar Rp. 500 milyar. Disamping untuk pengembangan bisnis, dana tersebut juga digunakan peningkatan fasilitas produksi existing, untuk modal kerja dan pelunasan pinjaman.

Yang terakhir dalam agenda RUPS LB ini adalah line up team yang akan terjun ke medan “per-tempuran" tahun 2018. Walaupun 2 Direksi sudah habis masa jabatannya di tahun ini, tetapi dengan memperhatikan pencapaian kinerja yang luar biasa dan kekompakan dalam kerja sama tim, saya mengusulkan untuk mengangkat lagi keduanya dalam jabatannya sebagai anggota Direksi untuk ma-sa jabatan 5 tahun ke depan. Don’t change the winning team, kata para pakar manajemen. Dengan melihat kinerja Direksi selama 5 tahun terakhir, usulan saya secara aklamasi di terima oleh RUPS sehingga saya tidak perlu melakukan bongkar pasang tim untuk membawa Phapros melanjutkan per-jalanannya ke depan.

Untuk memperkuat pengawasan, saya mengusulkan penambahan satu orang Komisaris Independen sehingga jumlah Komisaris mejadi 4 orang dimana 2 orang diantaranya adalah Komisaris Inde-penden (50% dari jumlah Komisaris yang ada). Atas usulan tersebut semua pemegang saham juga menyetujui dengan aklamasi.

Dengan terpilihnya tim baru Phapros ini, 4 Direksi dan 4 Komisaris, saya berharap Phapros benar-benar Moving Forward To The Next Level.

Bukan hanya keberhasilan dalam menambah pundi-pundinya, Phapros juga menunjukkan tanggung-jawab sosial lingkungannya yang tinggi dengan meraih predikat PROPER HIJAU. Artinya dalam menjalankan praktek bisnisnya, perseroan juga sangat memperhatikan prinsip ekonomi hijau yang mencakup efisiensi dalam penggunaan energi, konservasi air, perlindungan keanekaragaman hayati dan penurunan emisi. Capaian Phapros dalam menghijaukan lingkungannya juga sudah mendapat tempat di masyarakat kota Semarang. Hutan mangrove yang dibangun melalui program Bina Ling-kungannya sekarang sudah menjadi icon baru bagi kota Semarang. Sebuah Mangrove Park sudah muncul sebagai sebuah edutainment, termasuk untuk muda-mudi yang haus ilmu dan haus hiburan..

Konservasi energi bukan hanya masalah Phapros, unit-unit manufacturing RNI yang lain juga saya tekankan untuk terus berlomba mencari inovasi dalam penghematan energi ini. Pabrik gula, pabrik sawit, pabrik teh sampai kulit dan plastik semuanya adalah pelahap energi yang cukup berat. Pabrik gula sekelas Krebet Baru menghabiskan lebih dari Rp.5 Milyar untuk bayar PLN, sementara Jati-tujuh lebih dari Rp. 2 Milyar. Belum termasuk nilai ampas yang kalau dikonversi dalam rupiah bisa mencapai Rp. 100 Milyar! Demikian juga dengan air. Apalagi unit manufacturing yang membutuh-kan air bersih seperti farmasi dan air pengisi boiler di PG, biaya water treatment plant juga bisa mil-iar.

Khusus Phapros, langkah maju dalam upaya mengurangi emisi juga sudah dilakukan dengan me-masang green chiller. Dalam kesempatan lain akan saya ceritakan mengenai chiller non-CFC ini yang dikenal ramah lingkungan karena tidak merusak lapisan OZON.

Ternyata, tantangan demi tantangan akan selalu menghadang kita di depan. Efektif dengan men-capai target saja tidak cukup, kita harus paling efisien. Tapi efisien saja juga tidak cukup, kita harus secure atau aman.

Dengan demikian seperti digambarkan The Avenger, Next Level kita berikutnya mungkin adalah Infinity War……

So, be prepare for the next level, otherwise game will be over shortly…..

May God bless RNI and all of us.

 

Wassalamualaikum wr.wb.

Jakarta, 7 Mei 2018.

Didik Prasetyo


Kategori Artikel