Artikel


PUPUK UREA

Urea adalah adalah senyawa organik tunggal yang tersusun dari unsur karbon, hidrogen, oksigen dan nitrogen dengan rumus CON2H4 atau (NH2)2CO. Pertama kali ditemukan oleh Hilaire Roulle pada tahun 1773. Urea juga di sebut dengan carbamide resin, isourea, carbonyl diamide dan carbonyldiamine. Manfaat utama dari urea adalah sebagai pupuk kimia yang memasok unsur Nitrogen yang sangat dibutuhkan oleh tanaman. Berbentuk butiran putih curah (prill) yang mudah larut dalam air dan mudah menyerap air (Higroskopis) maka dari itu butuh peanganan khusu dalam penympananya. Urea mengandung 46% Nitrogen (N) Biuret 1% dan air 0,5% yang berarti setiap 100kg Urea terdapat 46Kg Nitrogen.  

 

Tanaman terlihat lebih hijau dan tumbuh dengan cepat

Manfaat utama pupuk urea pada tanaman akan segera terlihat tidak lama setelah diberikan seperti daun baru yang lebih hijau gelap dan pertumbuhan tanaman yang lebih cepat, hal itulah yang menyebabkan Urea sangat diminati petani maupun pekebun. Berikut beberapa manfaat pupuk Urea pada tanaman:

 

  1.            Membuat Daun tampak lebih segar, hijau dan rimbun
  2.            Meningkatkan jumlah anakan tanaman.
  3.            Mempercepat pertumbuhan tunas dan tinggi tanaman.
  4.            Mempercepat proses fotosintesis.
  5.            Memacu pertumbuhan tanaman.
  6.            Mempercepat pertumbuhan akar.
  7.            Meningkatkan unsur Nitrogen dalam tanah.
  8.            Meningkatkan hasil panen.
  9.            Tanaman menjadi lebih kokoh dan tahan terhadap serangan hama dan penyakit.
  10.            Bisa diaplikasikan pada semua jenis tanaman.
  11.            Mudah larut hingga mudah diserap tanaman.

 Berikut ini adalah tanda-tanda yang tampak secara fisik pada tanaman yang kekurangan unsur Nitrogen:

  1.             Seluruh tanaman berwarna pucat kekuningan.
  2.            Pertumbuhan tanaman lambat dan kerdil.
  3.            Daun tua berwarna kekuningan. Pada tanaman padi dimulai dari ujung daun menjalar ke tulang daun
  4.           Pengaruh kekurangan unsur nitrogen pada buah menghasilkan buah yang tidak sempurna dan seringkali masak sebelum waktunya.

 

Tanaman kekurangan unsur Nitrogen

Karena pentingnya urea bagi pertanian maka pemerintah indonesia melalui kementrian perindustrian dan perdagangan memberikan subsidi bagi produk urea pertanian sehingga harga jual urea lebih rendah ditangan petani. Peraturan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Menperindag No. 70/MPP/Kep/2/2003 tanggal 11 Pebruari 2003, tentang Pengadaan dan Penyaluran Pupuk Bersubsidi Untuk Sektor Pertanian. Urea Subsidi dan nonsubsidi dibedakan dengan perbedaan warna produk dimana urea subsidi berwarna merah muda cerah sedangkan produk nonsubsdidi berwarna putih bersih. Harga pupuk subsidi ditentukan oleh pemerintah melalui kementrian pertanian yang tertuang dalam peraturan menteri pertanian no 59/Permentan/SR.310/12/2016.

Pupuk Kujang memproduksi 2 jenis Urea yaitu Urea bersubsidi dan non Subsidi dengan merek Nitrea, Pupuk Urea bersubsidi hanya tersedia dalam kemasn 50KG dan urea Nitrea dalam kemasan 5Kg dan 50Kg


Kategori Artikel