MAJALAH INTERNAL PUPUK KALTIM ACTIVE MERAIH GOLD WINNER INMA 2020

Manager Humas Pupuk Kaltim Wahyudi mengatakan bahwa penghargaan ini sebagai motivasi untuk terus mengedepankan informasi yang bersifat edukatif bagi karyawan dan keluarga besar perusahaan melalui ragam konten yang disajikan ACTIVE di setiap edisi yang terbit setiap bulan. Apalagi, perbaikan kualitas dan pengembangan konten diselaraskan dengan kebutuhan pembaca, sehingga ACTIVE ditarget mampu menjadi media internal perusahaan yang berintegritas sekaligus sarana informasi utama di seluruh kalangan perusahaan.

“ACTIVE bukan hanya sekadar majalah internal yang melaporkan kegiatan perusahaan secara berkala tetapi juga menjadi sarana promosi sekaligus wadah kreativitas para karyawan dan keluarga besar perusahaan untuk terus produktif, khususnya bagi yang hobi menulis,” kata Wahyudi Penghargaan usai menerima penghargaan di Ballroom Mercure Hotel Banjarmasin Kalimantan Selatan, Jumat (7/2/2020) malam.

Beragamnya inovasi yang digagas dan memberikan dampak positif bagi perusahaan terkait efisiensi maupun produktivitas kinerja, juga menjadi salah satu sasaran utama sajian ACTIVE di setiap edisi. Hal ini merupakan bentuk apresiasi perusahaan agar manfaat inovasi yang diciptakan tersampaikan dan dipahami seluruh insan perusahaan.

Begitu pula untuk bidang lain, ACTIVE terus berupaya mengakomodasi seluruh informasi di lingkungan perusahaan, sehingga dapat semakin mendorong peningkatan minat baca karyawan maupun pihak lain yang mengakses.

“Dengan bentuk E-Magazine, ACTIVE bertransformasi menjadi media internal perusahaan yang mudah diakses dan terbuka untuk dibaca siapapun hanya dengan berbagi link. Sebab jika mengandalkan terbitan secara print, hanya beberapa kalangan yang bisa mengakses. Konsep itu yang kami ubah, agar ACTIVE bisa menyasar seluruh pembaca baik secara internal maupun eksternal,” terang Wahyudi.

Dirinya berharap kehadiran ACTIVE dapat semakin diterima pembaca, khususnya internal perusahaan, sehingga beragam informasi yang disampaikan mampu memberikan dampak positif bagi pengembangan bisnis dan daya saing perusahaan. Termasuk untuk memperkaya konten, karyawan dan keluarga besar perusahaan diharap memberikan kontribusi pemikiran maupun tulisan secara aktif di setiap edisi ACTIVE.

“Siapapun di lingkungan perusahaan bisa menulis untuk ACTIVE, tim redaksi terbuka dan siap menampung seluruh usulan maupun informasi yang disampaikan,” pungkas Wahyudi. Kehadiran ACTIVE sebagai wadah informasi sekaligus sarana edukasi bagi karyawan dan keluarga besar perusahaan, dinilai berpengaruh terhadap citra Pupuk Kaltim secara internal maupun eksternal, dengan kualitas konten maupun tulisan yang sangat baik dan terjaga. Majalah ACTIVE juga dinilai menjadi salah satu faktor penting dalam mendorong pengembangan nilai budaya perusahaan untuk memacu produktivitas karyawan yang diapresiasi melalui tulisan baik secara fisik (print) maupun daring (e-magazine).

“Melalui ajang InMa, media internal Perusahaan diharap terus memberikan sajian yang berkualitas, sekaligus mampu mengedepankan konten dan tulisan yang menginspirasi untuk memotivasi pembaca,” ujar Ketua Harian SPS Januar P. Ruswita.

Disrupsi media dengan pergerseran bentuk dari print ke online (e-magazine), pun diharap menjadi peluang sekaligus tantangan insan media tanah air, dengan tetap mengedepankan kualitas serta konten bagi pembaca yang disasar. Sebab dengan kemudahan akses dari pemanfaatan teknologi informasi masa kini, hendaknya bisa lebih memacu kreativitas untuk memberikan sajian yang lebih segar dengan menyesuaikan selera pembaca.

“Apapun bentuk medianya, keutamaan yang perlu dipegang adalah kualitas dari konten yang disajikan, sehingga mampu mengantisipasi sekaligus menangkal berbagai pemberitaan hoax yang belakangan kerap terjadi,” tambah Januar.

Indonesia Inhouse Magazine Award (InMA) merupakan salah satu agenda rutin Serikat Perusahaan Pers (SPS) selain Indonesia Print Media Awards (IPMA), Indonesia Student Print Media Awards (ISPRIMA) dan Indonesia Young Readers Awards (IYRA) yang tahun ini diikuti 679 entri dari berbagai kategori media se-Indonesia. Ajang ini sebagai apresiasi atas komitmen dan kontribusi media, yang secara konsisten meningkatkan kualitas informasi melalui beragam konten yang disajikan, sehingga turut mendorong pengembangan minat baca masyarakat dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara.

 


Kategori Artikel
Sub Kategori Berita,Kegiatan,Kinerja,Prestasi,Publikasi,Siaran Pers