Serap Aspirasi, Menko Perekonomian Gelar Rakor dengan Petani Tebu

KOTABUMI (Lampost.co)-- Untuk menyerap aspirasi petani di wilayah, Kementerian Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian menggelar rapat koordinasi (Rakor) pengembangan tani tebu berintegrasi dengan usaha penggemukan sapi di aula Pabrik Gula (PG) Bunga Mayang, Kecamatan Bunga Mayang, Rabu (22/5/2019).

Kepala Seksi Bina Usaha dan Pengolahan Hasil Peternakan, Dinas Pertanian, Kabupaten Lampung Utara, Gria Suryana Adhitama mengatakan pada rakor yang diikuti kelompok tani tebu, perusahaan dan perbankan tersebut, pihak Menko Perekonomian berfokus pada konsep pola pemberdayaan petani tebu melalui kredit usaha rakyat (KUR) dan pola kemitraan usaha ternak sapi di wilayah setempat.

Dari hasil dialog itu, ada dua opsi yang disampaikan, yakni modal dalam hal ini kandang dan bakalan sapi di bantu pihak perbankan, perusahaan membantu pakan dan petani hanya menyediakan lokasi sekaligus merawatnya.

Sedangkan opsi ke dua, semua modal dari perusahaan, yakni bakalan sapi serta pakan dan perusahaan juga yang mengambil hasilnya. Petani atau Poktan yang menyiapkan lokasi kandang dan merawatnya.

sumber: www.lampost.co/berita-serap-aspirasi-menko-perekonomian-gelar-rakor-dengan-petani-tebu.html

 


Kategori Artikel