Perdana, Ekspor CPO Aceh ke India Melalui Pelabuhan Calang

 Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah melepaskan ekspor perdana crude palm oil (CPO) atau minyak sawit mentah asal Aceh melalui Pelabuhan Calang, Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh, pada Kamis (17/10/2019).

Sebanyak 4.900 metrik ton minyak sawit mentah senilai US$2,3 juta diekspor oleh PT Calang Sejati Indah melalui Pelabuhan Calang ke Pelabuhan Krishnapatnam, India, dengan menggunakan Kapal Mekong Trans.

Nova Iriansyah menilai bahwa keberhasilan melakukan ekspor dari pelabuhan di Kabupaten Aceh Jaya akan berdampak secara luas terhadap pembangunan ekonomi di Aceh. Menurutnya, hal tersebut menjadi momentum Aceh dalam skala global sebagai salah satu titik ekpor dunia.

Bupati Aceh Jaya Teuku Irfan TB mengatakan ekspor dari Aceh Jaya saat ini adalah pengulangan peristiwa masa lampau, di mana pada masa lalu pantai Aceh Jaya pernah dilayari kapal dalam negeri dan luar negeri dalam urusan perniagaan.

“Pelabuhan ini bukan hanya digunakan oleh masyarakat Aceh Jaya tapi seluruh kabupaten/kota yang ada di wilayah Barat-Selatan Aceh,” ujar Irfan lewat siaran pers.

Irfan melanjutan, Kabupaten Aceh Jaya siap ditunjuk menjadi Kawasan Ekonomi Khusus atau Kawasan Industri Terpadu. Irfan berharap, tidak hanya CPO yang diekspor dari Pelabuhan Calang, tapi juga komoditas lainnya.

 

https://sumatra.bisnis.com/read/20191018/534/1160539/perdana-ekspor-cpo-aceh-ke-india-melalui-pelabuhan-calang


Kategori Berita