Kamis, 17 April 2014

Portal Kementerian BUMN | Direktori BUMN

Visi PT.Perkebunan Nusantara VIII (Persero) : "Menjadi Perusahaan Agribisnis terkemuka dan terpercaya, mengutamakan pelanggan dan kepedulian lingkungan dengan didukung oleh SDM yang profesional"

Prestasi

PTPN VIII Juara III Pengelolaan Portal Publik Terbaik

Kegiatan

April  2014
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Min
   
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  

Kontak Kami

pic

Jajak

Teh Walini Merupakan Produk Teh Kemasan PTPN VIII. Menurut Anda bagaimanakah kualitas Teh Walini ?

View Results

Loading ... Loading ...

Tentang Perusahaan

Tipe Perusahaan

Perseroan Terbatas (Persero)

Lini Bisnis

Industri Perkebunan

Dalam upaya mengkonsolidasi peran perusahaan Negara (BUMN) sektor perkebunan dalam kerangka pembangunan nasional dan pembangunan ekonomi serta menyiapkan diri menghadapi gerakan ekonomi global, maka pihak pemerintah bersama Departemen Pertanian melakukan program konsolidasi bagi semua perkebunan Negara.

PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII adalah salah satu diantara perkebunan milik Negara yang didirikan berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 13 tahun 1996, seperti yang dinyatakan dalam akta Notaris Harun Kamil, S.H., No. 41 tanggal 11 Maret 1996 dan telah memperoleh pengesahan dari Menteri Kehakiman Republik Indonesia melalui Surat Keputusan C2-8336.HT.01.01.TH.96 tanggal 8 Agustus 1996. Akta pendirian ini selanjutnya mengalami perubahan sesuai dengan akta Notaris Sri Rahayu Hadi Prasetyo, SH., No. 05 tanggal 17 September 2002 dan telah mendapat persetujuan Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia melalui Surat Keputusan No. C-20857 HT.01.04.TH.2002 tanggal 25 Oktober 2002.

Perusahaan ini didirikan dengan maksud dan tujuan untuk menyelenggarakan usaha di bidang agro bisnis dan agro industri, serta optimalisasi pemanfaatan sumber daya Perseroan untuk menghasilkan barang dan/ atau jasa yang bermutu tinggi dan berdaya saing kuat, serta mengejar keuntungan guna meningkatkan nilai perseroan dengan menerapkan prinsip-prinsip Perseroan Terbatas.

Kegiatan usaha perusahaan meliputi pembudidayaan tanaman, pengolahan/produksi, dan penjualan komoditi perkebunan Teh, Karet, Kelapa Sawit, Kina, dan Kakao. Pusat kegiatan usaha berada di Kantor Direksi Jl. Sindangsirna No. 4 Bandung, Jawa Barat dengan kebun/unit usaha yang dikelola sebanyak 41 kebun yang tersebar di 11 Kabupaten/Kota di Propinsi Jawa Barat (Bogor, Sukabumi, Cianjur, Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung, Subang, Purwakarta, Garut, Tasikmalaya dan Ciamis) dan 2 Kabupaten di Propinsi Banten (Lebak dan Pandeglang).

Dasar Hukum

Didirikan berdasarkan akta notaris Harun Kamil, SH No. 41 tanggal 11 Maret 1996, sebagai tindak lanjut dari Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 13 Tahun 1996 tentang peleburan Perusahaan Perseroan (Persero) PT Perkebunan XI, Perusahaan Perseroan (Persero) PT Perkebunan XII dan Perusahaan Perseroan (Persero) PT Perkebunan XIII menjadi PT Perkebunan Nusantara VIII, dan telah disahkan oleh Menteri Kehakiman RI dengan SK No C2-8336.HT.01.01.TH.96 tanggal 8 Agustus 1996. Sebagaimana telah diubah dengan Akta Notaris Sri Rahayu Hadi Prasetyo, SH. Nommor : 05 tanggal 17 September 2002.

Komposisi Kepemilikan Saham

Pemerintah Republik Indonesia :100.00%

Kantor Pusat PTPN VIII

Jl. Sindang Sirna No.4 Bandung 40153
Jawa Barat , Indonesia
Telepon : (62-22) 2038966, Fax : (62-22) 2031455
Website : www.pn8.co.id
Email : ptpn8@pn8.co.id

Strategi :

- Memperkuat core business untuk meningkatkan keuntungan melalui usaha-usaha peningkatan kualitas dan kuantitas produk, serta mengembangkan dan memelihara pangsa pasar yang telah ada.

- Merintis industri hilir

 

Turut melaksanakan dan menunjang Kebijakan dan Program Pemerintah di bidang Ekonomi dan Pembangunan Nasional pada umumnya, khususnya di sub-sektor perkebunan dalam arti seluas-luasnya dengan tujuan memupuk keuntungan berdasarkan prinsip-prinsip perusahaan yang sehat berlandaskan kepada azas:
Mempertahankan dan meningkatkan sumbangan bidang perkebunan bagi pendapatan nasional melalui upaya peningkatan produksi & pemasaran komoditi perkebunan baik untuk konsumsi dalam negeri maupun ekspor, sekaligus dalam rangka meningkatkan ekspor non-migas

Visi :
"Menjadi Perusahaan agribisnis terkemuka dan terpercaya, mengutamakan pelanggan dan kepedulian lingkungan dengan didukung oleh SDM yang professional".

Misi :
Terciptanya produk agrobisnis dari komoditas teh, karet dan kelapa sawit dengan standar mutu, sehingga memenuhi kebutuhan pasar
Terpakainya teknolgi budidaya tepat guna dan proses pengolahan yang efisien dan ramah lingkungan, sehingga menghasilkan produk komoditas dan industri hilir berkualitas
Terwujudnya daya saing melalui pengembangan iklim kerja kreatif dan inovatif
Terciptanya sumber-sumber pertumbuhan baru melalui pengembangan potensi potensi agrobisnis, sehingga meningkatnya produktivitas lahan dan nilai tambah Perusahaan.