Monday, 21 April 2014

Portal Kementerian BUMN | Direktori BUMN

Visi PTPN VII  (Persero) : "Menjadi perusahaan agribisnis berbasis karet, kelapa sawit, teh dan tebu yang tangguh serta berkarakter global"

Achievements

IT Governance Award BUMN

Activity

April  2014
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
   
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  

Contact Us

pic

Polls

How Is My Site?

  • Good (33%, 3 Votes)
  • Bad (22%, 2 Votes)
  • No Comments (22%, 2 Votes)
  • Excellent (11%, 1 Votes)
  • Can Be Improved (12%, 1 Votes)

Total Voters: 9

Loading ... Loading ...

PTPN VII Perluas Kebun Sawit

16 December 2008

Selain itu, pengembangan usaha mandiri yakni peningkatan kapasitas pabrik, seperti pabrik gula dari 7.500 ton cane per day (TCD) menjadi 17 ribu TCD. Kemudian, pengolahan limbah atau by product yakni pengolahan tandan kosong menjadi pupuk kompos, dan pengolahan blontong juga menjadi pupuk kompos.



“Kami juga memprogramkan pengolahan limbah sebagai sumber energi, yakni cangkang dan daduk untuk sumber energi boiler”, kata Andi.



Dia menjelaskan pengembangan usaha PTPN VII dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa faktor, yakni arah pengembangan usaha dengan mengembangkan core competence berdasarkan kelayakan usaha yang meliputi teknis, keuangan, pasar, dan kelayalan social.



Kemudian sumber dana, yakni dari dana sendiri maupun dari pinjaman yang tetap mempertimbangkan kemampuan perusahaan. “Berdasarkan factor tersebut, maka pengembangan usaha PTPN VII dibedakan menjadi pengembangan mandiri dan bekerjasama dengan pihak ketiga,”kata dia.



Pengembangan usaha yang bekerjasama dengan pihak ketiga, di antaranya pembangunan pabrik biodiesel bekerjasam dengan PTPN VI, PT Pusri dan Rekind, sedang dalam proses.



Kemudian, pembangunan reaktor gasifikasi batu bara untuk Drier PPKR, kerjasama penenaman jagung dalam rangka program ketahanan pangan, dan kerjasama pengolahan tetes menjadi bioetanol, yang juga sedang dalam penjajakan.


Dirut PTPN VII itu menambahkan kerjasama dilakukan dengan BUMN (sinergi BUMN) yakni dalam mengoptimalkan kapabilitas yang dimiliki BUMN perkebunan yang direncanakan kerjasama antar-PTPN melalui cluster yang didasarkan atas kesamaan komoditas atau letak geografis, Komoditas karet, mitra sinergi PTPN VII, yakni PTPN III, V, VI, VIII, XII, XIII, RNI, jenis usahanya pembangunan pabrik outomative rubber part, green typer, perlengakapan teknik idustri, ban sepeda motor.



Kerjasama dengan PTPN II, III, IV, V, VI, XII, XIII, yakni komoditas kelapa sawit, bentuknya berupa pengembangan areal dan pembangunan pabrik boidiesel.sedangkan komoditas tebu, kerjasamanya dengan PTPN IX, X,XI yakni membangun pabrik bioetanol serta dengan PTPN IV, VIII, dan IX, soal pengembangan tanaman teh, bentuk sinerginyz ekstrak teh dan teh instan.         

Source :humas