Friday, 18 April 2014

Portal Kementerian BUMN | Direktori BUMN

Achievements

Sertifikat Klasifikasi Kelas II/ Baik untuk Kebun Untuk Kebun Tamora

Activity

April  2014
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Min
   
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  

Kontak Kami

pic

Polls

Sejauh mana Portal Publik PTPN V dapat membantu anda dalam mencari informasi tentang PT Perkebunan Nusantara V?

View Results

Loading ... Loading ...

Dahlan Cari Cara Ubah Opex jadi Capex

5 December 2011


Ilustrasi

IMQ, Jakarta —  Guna mewujudkan cita-cita menjadi perusahaan pelat merah kelas dunia (world class company), Menteri BUMN Dahlan Iskan bertekad untuk mengubah biaya operasional (operational expenditure/opex) menjadi belanja modal (capital expenditure/capex).

“Langkah ini memang sulit untuk dilakukan, karena biasanya opex BUMN terkait dengan penggajian pegawai, pertanggungjawaban administrasi hingga SDM,” kata Dahlan di Kementerian BUMN, Jumat (2/12).

Ia mengakui tengah mencari cara yang paling memungkinkan untuk merealisasikan rencana tersebut. Tak canggung-canggung, ia meminta ke salah satu direksi BUMN yang berhasil mengubah hal tersebut.

“Saya ingin, direksi itu bisa menceritakan ide-ide kreatifnya,” tuturnya.

Salah satu contoh dari penggunaan opex yang lebih besar dari capexnya bisa dilihat dari BUMN sektor perbankan di mana tingkat efisiensi perbankan nasional khususnya BUMN masih jauh dari angka idealnya. Tidak hanya itu saja, gaji bankir di BUMN dan tantiem cukup tinggi sehingga menjadi salah satu faktor membengkaknya biaya operasional (overhead cost).

Tidak itu saja, optimalisasi Capex di BUMN dibandingkan dengan opexnya, maka nilai perusahaan (company value) dari BUMN pun akan meningkat karena adanya penambahan aset BUMN, sehingga dengan bertambahnya aset BUMN, maka akan menambah jumlah tenaga kerja.

Selain rencana pengubahan opex menjadi capex, Dahlan juga memimpikan direksi BUMN memiliki tim impian (dream team) guna memenuhi ambisi menjadi perusahaan negara yang unggul.

“Nanti, pada 12 Desember 2011 mendatang selam satu hari, kita akan mengundang seluruh direksi dan komisaris untuk mewujudkan SDM yang unggul,” tegasnya.

Author: Susan Silaban

Published: 2 Dec 2011 15:32 WIB

http://www.imq21.com/news/read/45361/20111202/153228/Dahlan-Cari-Cara-Ubah-Opex-jadi-Capex.html



Kirim Komentar

Baca Komentar ( 0 )

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

: *


*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>