Saturday, 19 April 2014

Portal Kementerian BUMN | Direktori BUMN

Achievements

Sertifikat Klasifikasi Kelas II/ Baik untuk Kebun Untuk Kebun Tamora

Activity

April  2014
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Min
   
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  

Kontak Kami

pic

Polls

Sejauh mana Portal Publik PTPN V dapat membantu anda dalam mencari informasi tentang PT Perkebunan Nusantara V?

View Results

Loading ... Loading ...

Langkah Peningkatan Bebas Pajak Ekspor CPO Bikin Marah Penyuling Malaysia

1 August 2012


JAKARTA - Pemerintah akan meningkatkan kuota bebas bea ekspor minyak sawit mentah (CPO) sebanyak dua juta ton, sebuah langkah yang banyak tidak disukai oleh pemain hilir minyak sawit.

Pemain Hilir berharap kepada pemerintah untuk memperhatikan seruan mereka terhadap memo kuota saat mereka berkata tentang menurunkan daya saing industri dan mengurangi penerimaan negara.

“Ini akan menjadi hari yang menyedihkan bagi industri penyulingan ketika pemerintah memberikan prioritas penyediaan CPO kepada negara-negara lain untuk mensubsidi industri penyulingan mereka ketika kita sendiri telah menginvestasikan miliaran ringgit untuk membangun kilang dan sektor manufaktur,” kata CEO Asosiasi Pabrik Kelapa Sawit Malaysia (Poram) Mohammad Jaaffar Ahmad.

Penderitaan para penyuling dan yang lainnya di industri hilir kelapa sawit lokal amat terasa apalagi melihat negara  tetangga Indonesia yang tahun lalu menstrukturisasi pajak ekspornya untuk meningkatkan industri penyulingan sendiri.

“Sebaliknya pemerintah harus segera fokus pada masalah ketidakmampuan daya saing kita terhadap struktur bea ekspor Indonesia. Selama 10 bulan ini masih saja pemerintah ragu-ragu melakukan restrukturisasi,” katanya dalam sebuah pernyataan baru-baru ini.

Mohammad Jaaffar mengimbau kepada pemerintah untuk mempertimbangkan kembali keputusannya atas penambahan dua juta ton. Ia telah mengusulkan kepada kabinet penangguhan bebas bea kuota CPO. “Kami sangat kecewa dengan pengumuman bahwa bebas bea kuota CPO kini malah meningkat ketimbang ditangguhkan. ini sama saja dengan ‘janji palsu’ bahwa pemerintah memiliki kepedulian terhadap kesejahteraan industri minyak sawit Malaysia,” katanya.

Dengan tambahan tonase, berarti total kuota yang dialokasikan akan menjadi 5,5 juta ton, atau hampir 30 persen dari total produksi CPO di Malaysia. Mohammad Jaffar mengatakan langkah itu juga berarti hilangnya pajak tertagih terhadap miliaran ringgit.

Tahun lalu, ia memperkirakan bahwa pemerintah telah mengalami kerugian sebesar RM 2.45 miliar dari ekspor 3,47 juta ton bebas bea CPO. (Bunie)
Last Updated on Wednesday, 01 August 2012 08:12
http://www.infosawit.com/index.php?option=com_content&view=article&id=107:langkah-peningkatan-bebas-pajak-ekspor-cpo-bikin-marah-penyuling-malaysia&catid=25:lintas-update-latest



Kirim Komentar

Baca Komentar ( 0 )

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

: *


*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>