Sabtu, 19 April 2014

Portal Kementerian BUMN | Direktori BUMN

Prestasi

Kegiatan

April  2014
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Min
   
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  

Kontak Kami

pic

Jajak

Sejauh mana Portal Publik PTPN V dapat membantu anda dalam mencari informasi tentang PT Perkebunan Nusantara V?

View Results

Loading ... Loading ...

Mendag: Ekspor CPO RI Tak Terganggu Aksi Proteksi AS

31 Januari 2013


Liputan6.com, Jakarta : Kebijakan proteksi Amerika Serikat (AS) terhadap ekspor minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) Indonesia, belum mengganggu aktivitas penjualan produk olahan perkebunan tanah air itu ke luar negeri.

“Kami belum akan mengambil langkah atau tindakan konkret, karena AS belum menunjukkan sikap protektif, berupa larangan maupun pembatasan CPO asal Indonesia,” ujar Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan, di Jakarta, Rabu (30/1/2013).

Gita mengaku, pihaknya telah berkomunikasi dengan pihak AS terkait pengujian Environmental Protection Agency (EPA) yang mengungkapkan kapasitas untuk reduksi karbon harus berada di bawah 25%.

“Sudah bicara dengan EPA. Katanya itu merupakan penjelasan ilmiah, dan kita akan olah lagi penjelasan tersebut sehingga kita bisa menentukan langkah yang harus dilakukan,” tuturnya.

Sementara itu, Direkur Jenderal Kerjasama Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan Imam Pambadyo, mengatakan pengujian tersebut belum sepenuhnya tuntas. Pengujian tersebut bersifat independen dan tidak masuk dalam kegiatan ekspor atau impor.

“Selama ini, perhitungan EPA cuma berdasarkan pada sumber kedua, bukan utama. Jadi biar EPA sendiri yang melihat langsung dan mereka pun belum menetapkan keputusan dari pengujian tersebut,” ucap dia.

Iman menjelaskan, pihak AS mendelegasikan EPA untuk menguji reduksi karbon pada produk CPO dari . “EPA melakukan pengujian apakah biodisel yang berbasis CPO dihasilkan dari proses penurunan emisi gas buang yang sesuai atau tidak,” pungkasnya.

Pihaknya berjanji akan segera meluruskan argumentasi atau hasil pengujian terhadap CPO Indonesia apabila hasilnya bertentangan dengan yang sebenarnya. (Fik/Shd)
oleh Fiki Ariyanti
Posted: 30/01/2013 14:54
http://bisnis.liputan6.com/read/500098/mendag-ekspor-cpo-ri-tak-terganggu-aksi-proteksi-as



Kirim Komentar

Baca Komentar ( 0 )

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

: *


*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>