Senin, 21 April 2014

Portal Kementerian BUMN | Direktori BUMN

Prestasi

Kegiatan

April  2014
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Min
   
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  

Kontak Kami

pic

Jajak

Sejauh mana Portal Publik PTPN V dapat membantu anda dalam mencari informasi tentang PT Perkebunan Nusantara V?

View Results

Loading ... Loading ...

Bappebti Dorong Pembentukan Asosiasi Berjangka

11 November 2011

JAKARTA: Badan Pengawas Pedagangan Berjangka Komoditi berupaya mendorong pembentukkan Asosiasi Industri Perdagangan Berjangka Indonesia pada 2012.

Kepala Biro Hukum Bappebti Alfons Samosir mengatakan pihaknya tengah berupaya menyusun cetak biru pembentukkan Asosiasi Industri Perdagangan Berjangka Indonesia. Rencananya, regulator ini juga akan membuat Surat Keputusan (SK) untuk mempercepat pembentukan asosiasi.

“Kami akan menyusun SK terkait asosiasi perdagangan berjangka. Sebelumnya kami juga sudah membentuk chart dan struktur organisasi,” ujar Alfons kepada Bisnis, hari ini.

Dia menuturkan upaya awal yang dilakukan ialah menggelar pertemuan para pemangku kepentingan. Selanjutnya, membahas struktur organisasi dan fungsi asosiasi bagi pasar bursa berjangka.

Alfons menjelaskan asosiasi ini nantinya akan menggabungkan Asosiasi Pialang Berjangka Indonesia dan Ikatan Perusahaaan Pedagang Berjangka Indonesia yang selama ini sudah terbentuk. Melalui penggabungan tersebut, diharapkan peserta pasar berjangka dapat lebih terkoordinasi.

“Asosiasi ini diharapkan bisa jadi partner pemerintah. Selain itu, dapat mewakili Indonesia dalam konferensi bursa berjangka internasional dan edukasi pelaku bursa berjangka,” jelas Alfons.

Terkait wacana ini, Ketua Ikatan Perusahaan Pedagang Berjangka Indonesia F. Wishnubroto menyambut baik pembentukkan asosiasi. Menurut dia, keikutsertaannya dalam asosiasi industri berjangka akan memberikan peran penting bagi kelompok pedagang yang terdiri dari 15 anggota ini.

“Ini berarti kita diberi peran penting untuk mengelola pelaku pasar. Seperti Self Regulatory Organization (SRO) dalam bursa efek,” ujar Wishnubroto.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu pada 8 Oktober menyatakan pengelolaan Asosiasi Industri Perdagangan Berjangka Indonesia harus dilakukan secara profesional. (01/Bsi)

Rabu, 09 November 2011 | 20:43 WIB

Oleh Lavinda

http://www.bisnis.com/articles/bappebti-dorong-pembentukan-asosiasi-berjangka



Kirim Komentar

Baca Komentar ( 0 )

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

: *


*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>