Rabu, 23 April 2014

Portal Kementerian BUMN | Direktori BUMN

Prestasi

Kegiatan

April  2014
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Min
   
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  

Kontak Kami

pic

Jajak

Sejauh mana Portal Publik PTPN V dapat membantu anda dalam mencari informasi tentang PT Perkebunan Nusantara V?

View Results

Loading ... Loading ...

Kerugian dan Manfaat Pupuk Organik

18 Oktober 2011

Dewasa ini, banyak ditemukan lahan (sawah irigasi) yang sakit akibat penggunaan pupuk anorganik (kimia) yang berlebihan. Pada tahun 2009 jumlah lahan yang sakit khususnya di daerah Tasikmalaya mencapai 60% atau 3 juta hektar (ha), dan dikhawatirkan jumlah ini akan terus meningkat dari tahun ke tahun. Itulah sebabnya Departemen Pertanian(Deptan) menghimbau masyarakat untuk memanfaatkan pupuk organik dalam bercocok tanam.

Memang tak bisa dipungkiri, perdebatan soal manfaat pupuk organik dan anorganik dewasa ini masih berlangsung. Umumnya petani memanfaatkan pupuk anorganik karena nutrisi tanaman lebih mudah terpenuhi sehingga produktivitasnya menjadi tinggi (dengan catatan dosis yang diberikan harus tepat sehingga tidak mencemari lingkungan, menimbulkan penyakit, dan lain-lain).

Karena kepincut produktivitas yang besar dan kemudahan (kepraktisan pupuk anorganik) membuat sebagian besar petani memilih pupuk ini. Karena banyak yang kurang berhati-hati dalam pemakaian, akibatnya banyak lahan yang sakit. Kalau sudah begini, tak hanya gagal produksi, lahan pun jadi susah diperbaiki kesuburannya. Akhirnya, lahan akan ditinggalkan begitu saja karena tidak dapat ditanami.

Kelebihan dan Manfaat Pupuk Organik

Sebenarnya, manfaat pupuk organik tidak kalah dibanding dengan pupuk anorganik. Ada banyak manfaat pupuk organik yang tidak dimiliki oleh pupuk anorganik, antara lain sebagai berikut.

  • Memperbaiki struktur tanah begitu juga dengan karakteristiknya, sehingga tanahmenjadi gembur, ringan, mudah diolah, dan mudah ditembus akar.
  • Tanah-tanah berat menjadi mudah diolah.
  • Kesuburan tanah meningkat.
  • Aktivitas mikroba tanah pun meningkat.
  • Kapasitas penyerapan air oleh tanah juga meningkat sehingga tanah menjadi mudah menyediakan kebutuhan air yang diperlukan tanaman.
  • Memperbaiki habitat hewan yang hidup di tanah dan ketersediaan makanan hewan-hewan tersebut jadi lebih terjamin.
  • Meningkatkan ketahanan terhadap perubahan sifat tanah yang terjadi secara tiba-tiba.
  • Mengandung mikroba yang bertugas mengurai bahan-bahan organik.
  • Meningkatkan kapasitas pertukaran kation sehingga jika tanaman diberi pupuk dosis tinggi, unsur hara tanaman tidak mudah tercuci.
  • Mempertahankan dan meningkatkan ketersediaan unsur hara di dalam tanah.

Kerugian Menggunakan Pupuk Organik

Memang tak hanya manfaatnya, pemberian pupuk organik juga dapat merugikan apabila terjadi hal berikut.

  • Jika pupuk organik (kompos) yang diberikan masih mentah maka bahan organik akan diserang oleh mikroba sehingga unsur hara tanaman menjadi berkurang karena “dimakan” oleh mikroba-mikroba dari kompos mentah.
  • Bahan organik yang berasal dari limbah industri atau sampahkota sering kali mengandung mikroba patogen dan logam berat, yang tak hanya berpengaruh buruk bagi tanaman, akan tetapi manusia dan hewan pun akan kena imbasnya (dampak negatifnya).

Oleh: AnneAhira.com Content Team
http://www.anneahira.com/manfaat-pupuk.htm