PRODUK PTPN V (Persero)

PRODUK UTAMA

Produk utama yang dihasilkan Perseroan segmen kelapa sawit meliputi minyak sawit (CPO),Inti sawit, PKO, PKM, sedangkan di segmen karet meliputi RSS, SIR 10 dan SIR 20. Selain Produk utama tersebut Perseroan juga menjual produk sampingan seperti cangkang, fiber, tandan kosong, getah scrab, getah exsample dan lain-lain.

Penjualan produk utama Perseroan berupa kelapa sawit sebagian besar dialokasikan untuk memenuhi pasar dalam negeri yaitu sebesar 96,74% dan sisanya sebesar 3,26% diekspor ke negara India, Srilangka, Malaysia, Cina, dan lain-lain. Produk utama karet sebesar 53,57% dijual dipasar dalam negeri dan sisanya sebesar 46,43% dijual ke luar negeri antara lain ke Negara cina, Amerika Serikat, Malaysia, India, Pakistan, Australia dan lain-lain.

Ditengah kelesuan perekonomian dunia, perseroan berusaha mengoptimalkan kinerja seluruh potensi yang dimiliki dalam menjalankan operasinolnya dangan menerapkan prinsip manajemen yang baik, prinsip kehati-hatian dan menerapkan tata kelola perusahaan yang baik (Good Coprporate Governance atau GCG).

 

MUTU PRODUK

Setifikat iso 9001:2008 yang diterima pabrik Kelapa Sawit dan Pabrik Karet milik Perseroan membuktikan bahwa produk hasil jadi kelapa sawit dan karet milik perseroan telah memenuhi standar baku mutu yang di kehendaki pasar.

Pengawasan yang ketat dalam setiap proses produksi akan menjaga mutu barang tetap sesuai dengan standar mutu. Untuk menjamin bahwa produk yang dihasilkan telah memenuhi segala ketentuan baku mutu maka Perseroan memberikan sertifikat mutu Produk.

 

PANGSA PASAR

Oilworld memaparkan bahwa minyak sawit merupakan minyak nabati dunia paling penting karena memiliki pangsa pasar terbesar yaitu sebesar 39,6%, sedangkan minyak kedelai sebesar 28%, minyak biji rape 16%, diikuti minyak nabati lainya. Produksi minyak sawit dunia diperkirakan lebih dari 53,16 juta tonpada tahun 2012 dan lebih dari separuhnya disumbangkan Indonesia yang diperkirakan memproduksi 25,15juta ton dan Malaysia sebesar 18,07 juta ton. Jika dibandingkan dengan total produksi minyak sawit Indonesia, total produksi minyak sawit perseroan yang sebesar 570,27 ribu ton lebih kurang setara dengan 2,0%.

Pasokan karet alam sepanjang tahun 2012 mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, dari 10,98 juta ton naik ke 11,3 juta ton atau naik 2,91%. Indonesia sebagai produsen utama terbesar kedua setelah Thailand diperkirakan memproduksi karet alam sebanyak 3,04 juta ton. Dari total produksi/ Kg dan US$Ct Karet alam Indonesia tersebut, Perseroan memasok hasil produksi karetnya sejumlah 13,06 ribu ton atau sebesar 0,42%.