Wednesday, 16 April 2014

Portal Kementerian BUMN | Direktori BUMN

Achievements

Sertifikat Klasifikasi Kelas II/ Baik untuk Kebun Untuk Kebun Tamora

Activity

April  2014
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Min
   
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  

Kontak Kami

pic

Polls

Sejauh mana Portal Publik PTPN V dapat membantu anda dalam mencari informasi tentang PT Perkebunan Nusantara V?

View Results

Loading ... Loading ...

Poliuretan Dari Minyak Sawit

4 October 2012


Poliuretan memiliki banyak sekali kegunaan, bisa sebagai busa bahan elastomer, lem dan pelapis. Sebelumnya poliuretan banyak diproduksi dengan berbahan-baku minyak bumi, kini poliuretan faktanya bisa pula dibuat dari minyak sawit.
Poliuretan merupakan bahan polimer yang mempunyai ciri khas adanya gugus fungsi uretan (-NHCOO-) dalam rantai utama polimer. Gugus fungsi uretan dihasilkan dari reaksi antara senyawa yang mengandung gugus hidroksil (-OH) dengan senyawa yang mengandung gugus isosianat (-NCO-). Poliuretan memiliki banyak kegunaan, diantaranya sekitar 70 % digunakan sebagai busa, selebihnya sebagai bahan elastomer, lem dan pelapis. Busa poliuretan yang elastis digunakan sebagai isolator, termasuk laminat-laminat tekstil untuk pakaian musim dingin, panel pelindung pada mobil, kain pelapis, tempat tidur, dan karpet dasar spon sintetis, sedangkan busa yang keras digunakan dalam panel-panel konstruksi terisolasi, pengemasan barang-barang lunak dan untuk furnitur ringan (Hartomo, Rusdiharsono, dan Harjanto, 1992: 50; Eddy Tano, 1997: 23-24; Stevens, 2001: 473 ). Selain itu, poliuretan digunakan sebagai bahan perekat logam, kayu, karet, kertas, kain, keramik, plastik polivinilklorida (PVC), penyambung tangki bahan bakar cryogenic, pelindung muka, dan kantong darah.
Konsumsi poliuretan dunia mengalami peningkatan dari tahun ke tahun dengan pertumbuhan ~5 %tahun. Pasar poliuretan dunia untuk aplikasi coating,adhesive,sealants dan elastomers diperkirakan mencapai 5,5 juta ton. Permintaan tertinggi dari empat  jenis aplikasi tersebut adalah untuk aplikasi coating  sebesar  44%. (IAL Consultan 2001).
Penggunaan poliuretan (PU) dalam spektrum yang luas dimungkinkan karena eksploitasi pemilihan komponen-komponen penyusunnya untuk membentuk material dengan tingkat kekerasan maupun fleksibilitas/elastisitasnya. Konsumsi PU yang merupakan bagian dari produk polymer, total konsumsinya  diperkirakan mencapai  ~ 15 juta ton/tahun,  tetapi memiliki tingkat pertumbuhan yang tinggi 4 – 6%, sehingga kontribusi nya akan makin meningkat di masa mendatang.
Sebagian besar poliuretan dibuat dari polyol yang bersumber dari turunan minyak bumi (Szycher 1999;Narine et al. 2007). Pergerakan harga minyak bumi yang meningkat akhir-akhir ini disertai muncul isu lingkungan hidup mendorong semua pihak untuk mencari bahan baku produksi polyester polyol alternatif (Chasar et al.2003; Guner et al.2006; Lye et al. 2007). Polyester polyol merupakan salah satu alternatif bahan baku yang dapat digunakan untuk memproduksi poliuretan. Karena polyester polyol dapat dihasilkan dari turunan CPO, memiliki keunggulan karena mudah terurai dan terbarukan.
Di Eropa dan Amerika, polyol berbasis minyak kedelai telah digunakan oleh industri dalam skala besar menggantikan petrokimia dalam produksi polyurethan (Rupilius & Ahmad 2007). Di Malaysia, penggunaan minyak nabati khususnya minyak palm telah lebih dari 10 tahun diteliti secara intensif oleh Malaysia Palm Oil Board (MPOB) bekerjasama dengan Wilhelm-Klauditz-Institut (WKI) Germany. Hasil kerjasama tersebut menghasilkan jenis polyol baru berbasis minyak palm yang dapat diaplikasikan sebagai coating sistem 2 komponen yang cocok untuk aplikasi interior maupun . . . . .
Last Updated on Tuesday, 02 October 2012 10:04
Written by Astuti   http://www.infosawit.com/index.php?option=com_content&view=article&id=144:poliuretan-dari-minyak-sawit&catid=48:info-bppt