Thursday, 24 April 2014

Portal Kementerian BUMN | Direktori BUMN

Achievements

Sertifikat Klasifikasi Kelas II/ Baik untuk Kebun Untuk Kebun Tamora

Activity

April  2014
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Min
   
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  

Kontak Kami

pic

Polls

Sejauh mana Portal Publik PTPN V dapat membantu anda dalam mencari informasi tentang PT Perkebunan Nusantara V?

View Results

Loading ... Loading ...

Kunci 4 Penganggu Produktivitas Anda

1 August 2012

Tahukah Anda di tempat kerja kita ada 4 hal yang kadang, atau bahkan sering kali, mengganggu efektivitas kita dalam bekerja? “Pengganggu” ini membuat kita sulit berkonsentrasi hingga akhirnya pekerjaan kita tidak bisa terorganisir dengan baik dan ujungnya membuat kita stres. Apa sajakah keempat hal tersebut:

1.Rekan Kerja
Tanpa kita sadari, interupsi dari rekan kerja berupa pertanyaan-pertanyaan kecil atau sekadar obrolan biasa dapat membuat hari kerja kita terganggu. Sehingga di penghujung hari, kita sering tidak mendapatkan hasil kerja maksimal padahal sepanjang hari kita terlihat begitu sibuk.

Karena itu, mulailah mengorganisir pertanyaan dan interupsi tersebut dengan memberikan penjelasan yang jelas, data-data umum yang dapat diakses dan instruksi yang memadai. Berikan kesempatan pada rekan kerja untuk bertanya di jam-jam tertentu dan berikan waktu yang proporsional untuk pekerjaan kita.

2. Camilan
Di sela-sela antara jam sarapan pagi dan jam makan siang, lalu jam makan siang dan jam makan malam perut kita sering terasa kosong dan tentunya perlu segera diisi. Karena itulah, kita mempersiapkan diri dengan menyediakan makanan-makanan ringan, atau camilan di laci meja kerja agar sewaktu-waktu bisa disantap jika memang kita sedang merasa lapar.

Tapi tahukah Anda, camilan ini bisa memecahkan fokus kerja kita. Coba bayangkan jika kita sesekali mengambil camilan tersebut dan melahapnya, lalu kembali bekerja. Sebaiknya kita bisa memisahkan antara bersantai dan bekerja. Waktu beristirahat dan bersantai sejenak barang 5-10 menit bisa kita gunakan untuk memakan camilan, lalu setelah itu kerja kita bisa dilanjutkan kembali. Cara ini tentu akan lebih efektif bagi tercapainya hasil kerja yang maksimal.

3. Suara bising
Suara kipas di komputer atau dering telepon yang tak pernah berhenti atau mungkin suara rekan yang sedang menjawab telepon juga bisa berpotensi mengganggu fokus kerja. Jika memungkinkan, cobalah untuk membenahinya dengan baik. Misal, kipas di komputer bisa segera minta diperbaiki, atau volume dering telepon lebih bisa diperkecil, atau meminta rekan secara baik-baik untuk mengecilkan nada suaranya. Dengan membenahi semua itu, hasil kerja yang didapat akan sepadan dengan kinerja kita yang lebih cepat dan efisien.

4.Meja Kerja
Apa yang paling dekat dengan keseharian kita? Meja kerja tentu mempengaruhi seberapa efektif kinerja kita sehari-hari. Cobalah cek seberapa efisien penyusunan meja kerja kita, apakah klasifikasi dokumen di laci sudah tertata dengan baik? Hal-hal kecil akan memberikan hasil yang jauh lebih efektif.

Penulis : Tim AndrieWongso
http://topmotivasi.com/kunci-4-penganggu-produktivitas-anda/