Mengenal Minyak Sawit Lewat Seni Kuliner

 
SHAH ALAM - Minyak kelapa sawit memiliki arti yang berbeda bagi setiap orang. Sementara bagi 650 ribu petani kelapa sawit Malaysia, kelapa sawit adalah sumber pendapatan vital. Bagi para dosen, mahasiswa, dan pejabatnya di KDU University College, mereka menganggap minyak sayur bergizi dan serbaguna dalam memasak.

Ini terjadi setelah memperoleh informasi akurat tentang minyak kelapa sawit melalui proyek dinding di kampus universitas di Utropolis Glenmarie, Shah Alam.

Beberapa dari mereka mengatakan mereka memiliki persepsi negatif tentang minyak sawit dari kampanye yang dilakukan oleh pelobi anti minyak sawit Barat, tetapi sekarang mereka lebih tahu.

Kepala Departemen Akademik Perhotelan, Pariwisata dan Seni Kuliner, KDU University College, Fami Taufeq Fakarudin mengatakan, Dewan Minyak Sawit Malaysia mensponsori dinding atas permintaannya karena ia ingin mempromosikan produk dan menanamkan kebanggaan pada komoditas Malaysia ini.

“Kami adalah yang pertama memiliki dinding seperti itu untuk mendidik generasi baru kami dan orang lain tentang manfaat minyak sawit. Mereka hanya perlu melihat di dinding untuk informasi tentang sejarah, manfaat, produk sampingan, dan fakta lain tentang minyak kelapa sawit,” kata Fami Taufeq yang juga sebagai koki eksekutif, dikutip InfoSAWIT dari www.star2.com.

Fami menyesalkan bahwa beberapa orang menggunakan jenis minyak nabati lain dalam seni kuliner atau dapur profesional karena informasi yang salah pada minyak sawit. Minyak kelapa sawit, katanya, memiliki rasa netral dan cocok untuk masakan apa pun.

"Misalnya, ketika Anda menyiapkan saus salad menggunakan minyak kelapa sawit, itu memunculkan cita rasa ramuan dan rempah-rempah," kata koki yang memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun dalam seni kuliner. Dia telah menggunakan minyak kelapa sawit merah, yang kaya akan karotenoid pro-Vitamin A, dalam membuat roti.

Bersama dengan seorang teman koki, Kasdi Dahari, mereka telah membuat 10 resep menggunakan minyak sawit merah untuk Philippine Airlines, seperti ayam percik, sate, rendang daging sapi, asam pedas ikan dan dua makanan penutup: kole kacang dan puding raja. 

sumber : https://www.infosawit.com/news/8717/mengenal-minyak-sawit-lewat-seni-kuliner


Kategori Artikel