Permintaan Minyak Sawit di AS Naik Tinggi

 JAKARTA – Merujuk laporan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), pada Januari 2018,  kenaikan permintaan minyak sawit Indonesia justru dicatatkan oleh Amerika Serikat (AS) sebesar 68%, atau dari 115,29 ribu ton pada Desember lalu meningkat menjadi 193.47 ribu ton di Januari 2018. “Tuduhan dumping biodiesel terhadap Indonesia sepertinya tidak mempengaruhi permintaan minyak sawit Negeri Paman Sam ini,” catat Sekjen Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), Togar Sitanggang, dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, Senin (12/3/2018)

Kenaikan permintaan minyak sawit dari Indonesia juga dicatatkan oleh Bangladesh sebesar 244% dan Pakistan ikut membukukan kenaikan sebesar 3%.  Sementara di sektor biodiesel, serapan biodiesel di dalam negeri pada Januari ini mencatatkan kenaikan 14% atau dari 191 ribu ton di Desember lalu naik menjadi 218 ribu ton di Januari ini. Serapan biodiesel di dalam negeri masih konsisten tiap bulannya meskipun ada fluktuasi.

Dari sisi produksi, pada Januari ini produksi minyak sawit Indonesia membukukan penurunan 10% atau dari 3,8 juta ton pada Desember lalu turun menjadi 3,4 juta ton pada Januari ini. Penurunan produksi ini merupakan kejadian biasa karena memang Musim Panen Raya telah berakhir.

 

Sumber: https://www.infosawit.com/news/7813/permintaan-minyak-sawit-di-as-naik-tinggi


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel