P&C RSPO Sawit Haruskan Anggota Melindungi Anak-Anak

JAKARTA - Salah satu perbaikan utama dalam Prinsip dan Kriteria (P&C) di Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) adalah menyangkut perlindungan anak-anak – salah satu kelompok paling rentan dalam industri ini. Secara khusus, P&C  baru mewajibkan anggota RSPO dari perkebunan kelapa sawit untuk memiliki kebijakan formal tentang perlindungan anak, proses yang terdokumentasi ,  persyaratan untuk bukti skrining usia dan pelatihan untuk staf perusahaan tentang perlindungan anak di perkebunan dan plot petani.

Mengapa anak-anak?           

Dikutip InfoSAWIT dari laman resmi RSPO, keselamatan anak-anak dan perlindungan hak-hak mereka atas perkebunan  adalah sebagai prioritas. Aspek inti dari hak-hak anak adalah memastikan mereka diberikan lingkungan yang aman dan kondusif, yang memungkinkan mereka untuk tumbuh dan membuka potensi penuh mereka. Karena kerentanan anak-anak, RSPO selalu mempertahankan larangan ketat terhadap semua bentuk pekerja anak, sesuai dengan hukum internasional.

Apa sejatinya yang dimaksud dengan pekerja anak? Pekerja anak adalah pekerjaan yang merampas anak-anak dari masa kecil mereka, potensi dan martabat mereka, dan itu berbahaya bagi perkembangan fisik dan mental mereka. Istilah ini berlaku untuk semua anak di bawah usia 18 tahun.

Tetapi ini tidak berarti bahwa siapa pun yang berusia di bawah 18 tahun dilarang bekerja. Seorang anak muda dapat dipekerjakan atau dilibatkan dalam pekerjaan yang tidak berbahaya, dengan anggapan bahwa ada pembatasan perlindungan.

Sebab itu sekretariat RSPO akan mengembangkan pedoman dan praktik manajemen terbaik untuk menghapus pekerja anak di perkebunan kelapa sawit. Sebagian dari upaya itu melibatkan pengembangan perangkat untuk melindungi hak-hak anak bagi para anggotanya.

“Untuk tujuan ini, kami akan terus memperbarui informasi tentang status dan perkembangan inisiatif yang berkaitan dengan hak-hak anak kepada anggota dan pemangku kepentingan - tanggung jawab bersama yang berada di pundak semua aktor di seluruh rantai pasokan,” catat pihak RSPO. (T2)

Sumber : https://www.infosawit.com/news/8701/p-c-rspo-sawit-haruskan-anggota-melindungi-anak-anak


Kategori Artikel