J.P. Calliman : Pentingnya Kolaborasi Penelitian Kelapa Sawit

JAKARTA  – Pentingnya kolaborasi kerjasama CIRAD, PT SMART Tbk., dan WWF dalam penyelenggaraan ICOPE setiap 2 tahun sekali, merupakan bagian dari pembangunan perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan di masa depan.

Pengendalian hama terpadu, mengurangi penggunaan bahan kimia, pembukaan lahan perkebunan tanpa pembakaran, mekanisasi perkebunan, konservasi lingkungan dan sosial, pengelolaan berkelanjutan dan berbagai isu strategis lainnya, selalu menjadi pembicaraan dan diskusi menarik didalam acara ini.

Menurut Direktur SMARTRI, J.P. Calliman, pengelolaan perkebunan kelapa sawit, akan menjadi lebih baik dan berkelanjutan jika dilakukan secara bersama. Sebab itu, ICOPE 2018 menjadi wadah bersama para pemangku kepentingan seperti perusahaan perkebunan, pelaku usaha, periset, aktivis lingkungan dan sosial untuk berdiskusi bersama didalam ICOPE. Imbuhnya, SMARTRI juga berbagi pengalaman, dan belajar dari peneliti, pembicara, LSM sosial dan lingkungan, dalam setiap kesempatan, termasuk dalam acara ICOPE 2018 nantinya.

 “ICOPE dapat menjadi media untuk saling belajar, dan melakukannya. Dimana, sharing pengetahuan dan pengalaman akan dilakukan kembali setiap 2 tahun sekali, di wadah ICOPE,” katanya kepada InfoSAWIT, Jumat (14/4/2018) di Jakarta.

Sumber : https://www.infosawit.com/news/7913/kemitraan-pt-smart-tbk-dengan-petani-sawit-jambi


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel