Harga TBS Pekan Ini Kembali Naik

Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit periode 17-23 Januari mengalami kenaikan pada setiap kelompok umur. Di mana jumlah kenaikan terbesar pada kelompok umur 10-20 tahun yang mengalami kenaikan harga sebesar Rp55,52 per Kg, atau mencapai 3,01 persen dari harga pekan lalu, sehingga harga TBS periode ini menjadi Rp1.898,34 per Kg.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Riau Ferry HC mengatakan, kenaikan harga TBS ini disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Di mana untuk faktor internal disebabkan oleh naiknya harga jual CPO dan kernel dari seluruh perusahaan sumber data, yang berarti penjualan sangat baik.

“Untuk harga jual CPO, PTPN V mengalami kenaikan sebesar Rp20,70 per kg, Sinarmas Group mengalami kenaikan Rp253,43 per kg, Astra Agro Lestari Group yang mengalami kenaikan Rp 4,55 per kg, Asian Agri Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp229,31 per kg, dan PT Citra Riau Sarana mengalami kenaikan harga sebesar Rp91,00 per kg, dan PT Musim Mas mengalami kenaikan harga sebesar Rp125,00 per kg dari harga pekan lalu,” katanya.

Sedangkan untuk harga jual kernel, lanjut Ferry, Sinarmas Group mengalami kenaikan sebesar Rp342,38 per kg, Astra Agro Lestari Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp154,54 per kg, Asian Agri Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp362,00 per kg, dan PT Citra Riau Sarana mengalami kenaikan harga sebesar Rp249,00 per kg dari harga pekan lalu.

“Untuk faktor eksternal dipengaruhi oleh  langkah Malaysia menangguhkan pajak ekspor CPO berhasil membuat produk CPO lebih kompetitif, karena berkurangnya beban ekspor akan membuat harga CPO lebih baik. Produk CPO Indonesia selama Januari juga tidak dikenai bea keluar. Hal itu dikarenakan harga CPO Indonesia masih di bawah harga batas sebesar 750 dolar Amerika Serikat,” jelasnya.(sol)


Kategori Berita
Sub Kategori Akses Informasi