PPKS Berani Menggaransi Benih dan Dampingi Petani

Replanting kelapa sawit rakyat tahap pertama di Musi Banyuasin yang dikerjakan oleh KUD sendiri sudah berjalan dengan baik dan sukses. Bambang Giyanto, Sekjen ASPEK PIR/ Ketua KUD Mukti Jaya,Musi Banyuasin menyatakan hal ini.

Replanting kelapa sawit rakyat di Muba diresmikan oleh presiden Jokowi yang merupakan peresmian pertama. Target 4446 ha saat ini sudah 100% sudah land clearing. Di KUD KUD lain proses penanaman sudah selesai semua sedang di KUD Mukti Jaya yang lahannya paling luas yaitu 2449 ha,penanaman sudah 70%.”KUD kita yang paling banyak belakangan,”katanya.

Benih yang digunakan untuk peremajaan ini berasal dari PPKS. PPKS berani menggaransi dan bila petani menghadapi kendala mereka siap menurukan tenaga ahlinya untuk melakukan pendampingan.

“Sebelum replanting kita sudah mengumpulakan petani membahas harus menggunakan benih apa. Sebagian besar ingin menggunakan benih PPKS akhirnya dalam rapat diputuskan benih ini yang digunakan,”katanya.

Pada siklus yang lalu bibit yang digunakan juga dari PPKS dan produktivitasnya mencapai 25 ton TBS/ha sedang potensinya 32 ton TBS/ha. “Artinya kita mampu keluarkan potensinya dengan baik,”katanya.

Pada replanting ini potensi produksi bibit yang digunakan adalaah 38-39 ton TBS/ha dan Bambang mentargetkan bisa menghasilkan produktivitas 35-36 ton/ha. “Mengacu pada target ini buth keberanian dan pengalaman,kalau tidak akan ketakutan sendiri. Petani kita sudah cukup paham budidaya yang baik danbenar jadi tidak perlu diragukan lagi,”katanya.

Dalam pelaksanaan peremajaan dilakukan tumpang sari dengan jagung. Pada tahap awal ada masalah bibit jagung sudah dibagi dan BPDPKS belum cair, alsintan datang terlambat. Kedepan untuk tumpangsari perlu persiapan yang matang. Masalah yang dihadapi adalah di Sumsel setiap hari ada hujan buatan untuk persiapan Asian Games sehingga menghambat proses pengeringan jagung.

Untuk tahap 2 KUD Mukti Jaya sudah menagjukan 900 ha. Saat ini proses mengumpulkan data sudah selesai, berkas di koperasi juga sudah selesai tinggal mengajukan proposal saja.

KUD Mukti Jaya pada replanting ini membawahi 63 kelompok tani dengan 1123 petani. Tahun depan menyusul 20 kelompok tani yang kebunnya akan direplanting. Rata rata petani memiliki lahan 2-4 ha.

Sumber: Majalah Media Perkebunan;Edisi 176,Juli 2018;Hal 23


Kategori Artikel