Penguatan Yen Menurunkan Harga Karet Tocom

Harga karet Tocom pada perdagangan Kamis pagi (14/01) mengalami penurunan. Harga karet alami berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu Juni 2016 melemah disebabkan kondisi mata uang yen yang mengalami penguatan terhadap dollar AS.

Mata uang Jepang ini terpantau mengalami peningkatan 0,14% saat ini berada pada level 117.51 per dollar AS. Kenaikan nilai tukar yen Jepang membuat harga komoditas yang diperdagangkan dalam mata uang ini menjadi relatif lebih mahal bagi para pembeli luar negeri. Dampaknya permintaan akan komoditas ini mengalami penurunan.

Penguatan yen terdorong kekuatiran perlambatan global akibat negatifnya bursa Tiongkok dan pelemahan minyak mentah yang menekan ekonomi global, sehingga yen dimanfaatkan sebagai aset safe haven.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak Juni 2016 hari ini tampak berada pada posisi 154.6 yen per kilogram. Harga karet alami berjangka mengalami penurunan sebesar -0,4 yen dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya pada 155,0 yen per kilogram.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan hari ini berpotensi untuk kembali melemah. Kekuatiran perlambatan ekonomi global masih ada, sehingga kemungkinan dimanfaatkannya yen sebagai aset safe haven masih menguat.

Untuk sesi perdagangan hari ini harga diperkirakan akan menemui level support di posisi 150,00 yen. Support selanjutnya ada di 145,00 yen. Sementara itu jika harga naik akan menemui resistance di posisi 160,00  yen dan 165,00  yen.

 


Kategori Akses Informasi