Thursday, 24 April 2014

Portal Kementerian BUMN | Direktori BUMN

PT Perkebunan Nusantara IV (Persero)

Visi Kementerian BUMN : "Meningkatkan peran BUMN sebagai instrumen negara untuk peningkatan kesejahteraan rakyat berdasarkan mekanisme"

Achievements

Activity

April  2014
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
   
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  

Contact Us

pic

Polls

How Is My Site?

View Results

Loading ... Loading ...

Tentang Perusahaan

Tipe Perusahaan
Perseroan

Lini Bisnis
Industri Perkebunan

Deskripsi Bisnis
Pembudidayaan Tanaman, Pengolahan dan Penjualan Produk Kelapa Sawit dan Teh, berikut turunannya.

Dasar Hukum
Dibentuk berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 9 tahun 1996 tanggal 14 Pebuari 1996 tentang pengelompokan semua PTP yang ada di Indonesia dan pemisahan proyek-proyek. PT. Perkebunan Nusantara IV adalah hasil penggabungan dari PTP VI, PTP VII dan PTP VIII. PT. Perkebunan Nusanatara IV didirikan berdasarkan Akte Notaris Harun Kamil, SH No.37 tertanggal 11 Maret 1996. Kemudian sesuai dengan surat Notaris Sri Rahayu Hadi Prasetyo, SH diadakan perubahan akte pendirian perusahaan (vide : Tambahan Berita Negara Republik Indonesia Tanggal 25 Maret 2003 nomor 24)

Komposisi Kepemilikan Saham
Negara Republik Indonesia :100.00%

Kantor Pusat
Jl. Letjend. Suprapto No. 2
Medan 20151

Phone :061-4154666
Fax : 061-4573117
Website : www.ptpn4.co.id
Email : ptpnusantara4@ptpn4.co.id

Kantor Cabang
Jln. Wijaya X No. 3 Kebayoran Baru Melawai Jakarta Selatan
Jakarta
12160

Phone :021-7229508
Email : kpj_ptpn4@ptpn4.co.id
Fax : 021-7231663

Strategi :
Strategi Corporate

Strategi utama yang ditempuh untuk mencapai sasaran perusahaan tahun 2008 adalah Strategi Kombinasi, yaitu penggabungan antara Strategi Stabilitas, Pertumbuhan (Ekspansi) dan penciutan yang dilaksanakan secara simultan.
Strategi Pertumbuhan (Ekspansi) adalah untuk meningkatkan nilai perusahaan dalam jangka panjang dengan pengembangan (perluasan) areal kelapa sawit (strategi pertumbuhan konsentrasi horizontal) dan pengembangan industri hilir (strategi pertumbuhan konsentrasi vertikal).
Strategi Stabilitas adalah untuk meningkatkan kemampulabaan dari jenis usaha dan areal yang ada yaitu kelapa sawit.
Strategi penciutan adalah untuk mengurangi resiko dari usaha perkebunan teh dengan mengurangi areal tanaman yang ada.
Strategi Bisnis
Strategi Kepemimpinan Biaya (Overall Cost Leadership), dengan memberikan perhatian pada aspek skala usaha (ekonomi), biaya input, teknologi produksi, pemanfaatan kapasitas, dan efektifitas organisasi serta manajemen. Fokus kepada Core Bisnis dan melakukan diferensiasi pada produk industri hilir teh.
Strategi Operasional
Meningkatkan nilai perusahaan dengan perluasan areal dan pengembangan industri hilir. Menerapkan SOP (Standard Operations Procedure) pemeliharaan, panen, pengolahan, dan perawatan pabrik secara konsisten. Mengadakan peremajaan / replanting tanam secara teratur setiap tahun. Mengurangi/meniadakan kerugian dari usaha perkebunan teh. Mengintensifkan lahan produktif. Meningkatkan produktifitas dan efisiensi melalui penerapan praktek-praktek bisnis terbaik mencakup baku teknis, manajemen dan sistem kerja. Meningkatkan kemampulabaan dengan efisiensi di segala bidang. Membangun dan mengembangkan sistem penilaian kinerja, sistem penghargaan, pengembangan karir dan renumerasi yang objektif, rasional, adil, serta mendorong motivasi. Meningkatkan kesadaran biaya (cost consciousness) semua personil perusahaan. Melaksanakan proses bisnis dengan berdasar pada prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG). Mengembangkan inovasi penciptaan jenis produk-produk baru untuk lebih diterima pasar. Membangun Sistem Informasi Manajemen yang integratif dan berbasis komputer.

Tujuan
Melaksanakan dan menunjang kebijaksanaan dan program pemerintah dalam pembangunan nasional di bidang ekonomi, khususnya pembangunan di bidang pertanian sub sektor perkebunan.

Visi :
Menjadi Pusat keunggulan pengelolaan perusahaan agroindustri kelapa sawit dengan tata kelola perusahaan yang baik serta berwawasan lingkungan

Misi :
1. Menjamin keberlanjutan usaha yang kompetitif.
2. Meningkatkan daya saing produk secara berkesinambungan dengan sistem, cara dan lingkungan kerja yang mendorong munculnya kreativitas dan inovasi untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi.
3. Meningkatkan laba secara berkesinambungan.
4. Mengelola usaha secara profesional untuk meningkatkan nilai perusahaan yang mempedomani etika bisnis dan tata kelola perusahaan yang baik (GCG).
5. Meningkatkan tanggung jawab sosial dan lingkungan.
6. Melaksanakan dan menunjang kebijakan serta program pemerintah pusat/daerah.

Strukur Organisasi PT. Perkebunan Nusantara IV (Persero)