Sunday, 20 April 2014

Portal Kementerian BUMN | Direktori BUMN

PT Perkebunan Nusantara XIII (Persero)

Visi  PT Perkebunan Nusantara XIII : Menjadi perusahaan agribisnis yang berdaya saing tinggi, tumbuh dan berkembang bersama masyarakat secara berkelanjutan.                                                                                                                                                                        Misi  PT Perkebunan Nusantara XIII : 1. Menghasilkan produk dan jasa dalam bidang kelapa sawit,karet, industri hilir dan bidang usaha lainnya secara efisien dan bermutu tinggi. 2Mendinamisasikan perekonomian regional dan nasional. 3. Mengembangkan dan memberdayakan potensi masyarakat berbasis kemitraan. 4. Mengembangkan sistem perkebunan yang ramah lingkungan.

Achievements

Activity

April  2014
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
   
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  

Kontak Kami

pic

Polls

Setujuhkah anda dengan kebijakan pemerintah melanjutkan MORATORIUM Lahan Gambut Untuk Perkebunan

View Results

Loading ... Loading ...

Dahlan Iskan Kunjungi Peternakan Sapi Milik PTPN XIII

8 February 2013

PELAIHARI – Orang nomor satu di kementerian BUMN berkunjung ke PTPN XIII, Kebun Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan pada hari Rabu, (6/2). Tiba di Kebun Pelaihari,  Dahlan Iskan yang didampingi  staf dari kantor Kementerian BUMN, Direktur Jawa Pos Group, Zainal Muttaqim, Direktur Radar Banjarmasin, H. Suriansyah Achmad langsung menuju kandang penggemukan sapi milik PTPN XIII.  Ini merupakan kunjungan pertama Dahlan Iskan ke PTPN XIII sejak diangkat sebagai Menteri BUMN.  Direktur Perencanaan, Pengembangan dan Pemasaran PTPN XIII, Sunardi R Taruna didampingi General Manajer Distrik Kalsel/teng, Aditya Nurcahya, Manager PMS Pelaihari, Asli Rajagukguk, Plt. Manager Kebun Pelaihari, Suhadak menyambut rombongan Menteri.

Sebagai orang yang pertama menggagas program peternakan dan penggemukan sapi di lingkup kementerian BUMN khususnya perusahaan perkebunan, Dahlan Iskan memberikan perhatian yang tinggi atas jalannya program ini. Kunjungan ini sekaligus mengecek secara langsung perkembangan program penggemukan sapi milik PTPN XIII.

Dahlan Iskan mengatakan bahwa program ini merupakan wujud keprihatian akan tingginya import daging sapi, sementara sarana dan prasarana untuk peternakan dan penggemukan sapi tersedia dengan baik khususnya di perusahaan BUMN Perkebunan seperti PTPN XIII. “apabila  seluruh PTPN mengembangkan peternakan dan penggemukan sapi maka  kebutuhan daging  dalam negeri akan terpenuhi, Negara tidak perlu lagi import”, ujarnya

Mantan Direktur Utama PT. PLN ini memahami bahwa karyawan PTPN XIII merasa kesulitan ketika diminta untuk memelihara sapi, karena pada dasarnya adalah pekebun bukan peternak. Namun, dirinya akan terus mendorong PTPN menggarap penggemukan sapi  agar Negara terbebas dari ketergantungan daging impor “saya minta perusahaan perkerbunan seperti PTPN XIII untuk terus mengembangkan usaha penggemukan sapi ini, perusahaan memiliki sumber daya yang mendukung usaha ini. Pelepah sawit diolah menjadi pakan ternak, lahan untuk menanami rumput gajah/sorgum sebagai pakan ternak tersedia dan bungkil kelapa sawit,” tegasnya.

Dahlan Iskan sangat terkesan sambil berkeliling melihat kandang sapi milik PTPN XIII yang mempergunakan gudang bekas Pabrik Gula. Dahlan Iskan mengatakan bahwa kandang sapi milik PTPN XIII sangat baik dibandingkan dengan milik PTPN lainnya, karena memanfaatkan bekas gudang Pabrik Gula, sehingga tidak perlu membangun kandang baru. “kandangnya sangat bagus, sangat tepat untuk pengembangan sapi diareal sawit seperti ini,”ucapnya sambil mengelilingi kandang sapi.

Setelah puas mengelilingi kandang sapi sambil sekali-kali memberi makan sapi dengan pakan yang sudah disediakan, dengan senang hati Dahlan Iskan mengajak pimpinan dan karyawan PTPN XIII berfoto bersama ynag kemudian dilanjutkan dengan mencicipi jagung rebus dan makanan tradisional lainnya.



4 Tanggapan to Dahlan Iskan Kunjungi Peternakan Sapi Milik PTPN XIII

  1. norpauji says:

    kenapa di PTPN XIII Ngabang Kabupaten Landak KALBAR,,karyawan yang memelihara sapi di larang dan malah justru di denda >1 Juta Rupiah apabila memelihara sapi????

    • Marihot Tambunan says:

      sebenarnya tidak dilarang. Yang dilarang apabila ternak sapi merusak tanaman ke kelapa sawit. tks

  2. gatot says:

    Kenapa di PTPN IV UNIT MAYANG sumatera utara sangat-sangat di larang berternak lembu dengan alasan merusak tanaman kelapa sawit, sedangkan yang terjadi tanaman kelapa sawit rusak bukan karna peternakan lembu, tapi karna perawatan yang kurang dan jarak panen tidak baik…… kemudian limbah pabrik kelapa sawit di buang di tanaman kelapa sawit yang masih usia remaja….. ??????

    Coba di tindak lanjuti lagi ya paakkk

    • Marihot Tambunan says:

      terima kasih atas kunjungannya pak Gatot. Perlu kami jelaskan bahwa manajemen PTPN XIII dan PTPN IV itu berbeda pak, oleh karena itu kami sarankan agar pak Gatot langsung bertanya ke PTPN IV saja. Terima kasih

Kirim Komentar

Baca Komentar ( 4 )

Your email address will not be published. Required fields are marked *

: *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>