Kamis, 24 April 2014

Portal Kementerian BUMN | Direktori BUMN

PT Perkebunan Nusantara XIII (Persero)

Visi Kementerian BUMN : "Meningkatkan peran BUMN sebagai instrumen negara untuk peningkatan kesejahteraan rakyat berdasarkan mekanisme"

Prestasi

Kegiatan

April  2014
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Min
   
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  

Kontak Kami

pic

Jajak

Setujuhkah anda dengan kebijakan pemerintah melanjutkan MORATORIUM Lahan Gambut Untuk Perkebunan

View Results

Loading ... Loading ...

SPBUN PTPN XIII SOSIALISASIKAN PERJANJIAN KERJA BERSAMA (PKB) PERIODE 2008 – 2010

19 Pebruari 2009

Pontianak, Serikat Pekerja Perkebunan (SPBUN) PT. Perkebunan Nusantara XIII (Persero) Selasa 17 Pebruari 2009 sosialisasikan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) Periode 2008-2010 di Pontianak.

Perjanjian Kerja Bersama dimaksud adalah perjanjian kerja bersama antara Serikat Pekerja Perkebunan dengan Manajemen PT. Perkebunan Nusantara XIII (Persero).

Hampir 200 orang karyawan PTPN XIII  hadir pada acara sosialisasi tersebut. Mereka adalah Anggota SPBUN PTPN XIII yang mewakili rekan-rekannya dari Wlayah Kalimantan Barat.
Sosialisasi hal yang sama juga telah dilaksanakan di Wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Wilayah Kalimantan Barat adalah wilayah terakhir kegiatan sosialisasi Perjanjian Kerja Bersama yang diusung oleh SPBUN PTPN XIII.

Hadir pada acara sosialisasi tersebut General Manager Kalbar-I H.S. Manalu, General Manager Kalbar-II Pandapotan Girsang, Kepala Bagian SPI Sofyan Nasution, Kepala Bagian PSDM Agus Surono mewakili Manajemen PTPN XIII, Ketua Umum SPBUN PTPN XIII Pahala Manurung, Sekretaris Umum SPBUN PTPN XIII Darwin Tarigan, Bendahara SPBUN PTPN XIII A. Basyid Nasution, Para Manager dan para Kepala Tata Usaha kebun/unit se Kalimantan Barat.

Ketua Umum SPBUN PTPN XIII Pahala Manurung dalam sambutannya mengatakan bahwa Sumber Daya Manusia yang dimiliki Perusahaan terdiri dari berbagai ragam latar belakang budaya dan tingkat pendidikan yang berbeda-beda, oleh karena itu pemahaman mengenai isi PKB bisa saja terjadi kekeliruan sementara dalam Perjanjian Kerja Bersama ini sudah jelas diatur apa yang menjadi hak dan kewajiban setiap karyawan.

Melalui sosialisasi ini diharapkan para peserta dapat memberikan pemahaman secara gamblang kepada karyawan yang butuh penjelasan di unit masing-masing. Dengan adanya kerjasama yang baik antara pekerja dan perusahaan diharapkan dapat menumbuhkan perusahaan yang sehat, karyawan yang sejahtera serta bermartabat sesuai dengan cita-cita kita semua. Dengan adanya hubungan yang harmonis antara Manajemen dan Pekerja, demikian disampaikan Pahala Manurung maka cita-cita yang mulia itu dapat kita wujudkan.

Sosialisasi berlangsung dengan lancar, tertib dan dinamis. Pemaparan  isi PKB pu dilakukan pasal demi pasal yang ditayangkan melalui layar LCD sehingga para peserta yang merasa kurang paham maksud dari isi PKB dapat lebih memahaminya. Tim Sosialisasi yang terdiri dari Manajemen PTPN XIII dan Pengurus SPBUN PTPN XIII juga memberikan kesempatan kepada para peserta untuk bertanya apabila ada hal-hal yang belum jelas.

Salah satu pasal yang menjadi perhatian para peserta adalah Pasal 57 pada BAB X mengenai Program Pensiun. Program Pensiun ayat (1) Karyawan diikutertakan dalam program  pensiun yang diselenggarakan oleh Dana Pensiun Perkebunan (DAPENBUN) atau Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) sesuai dengan Peraturan Perundangan-undangan yang berlaku.

Pada kesempatan ini para peserta sosialisasi memberikan masukan agar pada penyusunan Perjanjian Kerja Bersama pihak manajemen memikirkan kembali untuk memilih Lembaga Pensiunan yang lebih professional. Selama ini manfaat pensiun yang diterima dirasakan sangat rendah dibandingkan dengan yang diterima Pensiunan Pegawai Negeri. (hot)

Source :Humas



Kirim Komentar

Baca Komentar ( 0 )

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

: *


*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>