PTPN XIII Dukung PESTA PETANI

teks_foto_bantuan_ketua_panitia_pestasi_andjar_wiratma_kanan_dan_direktur_sdm_dan_umum_ptpn_xiii_wagio_ripto_sumarto_menyerahkan_kesepakatan_kerjasama_dukungan_kegiatan._foto_marihotistimewa_400_01
Ketua Panitia Pestasi, Andjar Wiratma (kanan) dan Direktur SDM dan Umum PTPN XIII,
Wagio Ripto Sumarto menyerahkan kesepakatan kerjasama dukungan kegiatan. FOTO MARIHOT



PONTIANAK : Rencana  kegiatan Pesta Petani Muda yang yang diisitilahkan dengan Pestani, mendapat dukungan dari PTPN XIII. Bentuk dukungan itu diserahkan langsung Direktur SDM dan Umum PTPN XIII, Wagio Ripto Sumarto saat menerima Panitia Pestani yang diketuai Kolonel Inf Andjar Wiratma, Jumat (17 September 2010) di Kantor Direksi PTPN XIII.

Kegiatan Pestani rencananya akan digelar pada 30 September hingga 3 Oktober 2010. Panitia pelaksana dari Kodam XII Tanjungpura dan Pemerintah Provinsi Kalbar bekerjasama dengan Universitas Tanjungpura Pontianak. Di Pestani ini nantinya, akan menggelar berbagai kegiatan, seperti camping campus, workshop, pameran, gelar budaya dan beberapa kegiatan lainnya. Kita juga rencananya akan meminta Bapak Menteri Pertanian untuk dapat hadir pada kegiatan Pestani ini, jelas Andjar.

Dijelaskan Andjar, arah pembangunan pada masa lalu terarah pada pembangunan agribisnis dan sektor pertanian yang menjadi andalan. Oleh karena itu, perlu dukungan penguatan pembangunan sektor pertanian. Bahwa kecenderungan ke depan, negara yang kuat ditentukan oleh ketahanan pangan dan penguasaan energi, tambahnya. Maka dengan adanya Pestani, diharapkan dapat memberikan peningkatan pemahaman dan wawasan petani serta motivasi untuk meningkatkan usaha pertanian.

Atas rencana tersebut, pihak panitia menggandeng berbagai pihak untuk bersama-sama mensukseskan kegiatan Pestani. Termasuk menggandeng PTPN XIII  dari sektor perkebunan di wilayah Kalimantan. Bagi PTPN XIII, upaya memajukan petani ini sudah menjadi tekad dari perusahaan ini. Maka ketika diajak untuk bersama-sama mensukseskan Pestani, PTPN XIII memberikan respon positif dan siap terlibat dalam kegiatan tersebut.

Direktur SDM dan Umum PTPN XIII, Wagio Ripto Sumarto mengatakan bahwa PTPN XIII juga mempunyai program peningkatan pengetahuan dan wawasan petani yakni program pendidikan petani. Program pendidikan petani sudah kita gulirkan sejak beberapa tahun lalu, dan ini terus berjalan. Dan ternyata hasilnya sungguh menggembirakan, ujar Wagio, yang menyatakan bahwa program pendidikan petani ini masih terbatas, yaitu baru 2000 petani per tahun, sehingga tidak semua petani bisa dididik dalam waktu singkat. Maka dengan adanya Pestani, diharapkan dapat meningkatkan wawasan petani dan mendorong masyarakat petani untuk lebih maju dan lebih bergairah lagi meningkatkan produktivitas mereka.

Selain kegiatan Pestani yang terbatas waktunya, juga perlu adanya tindaklanjut dari Pestani. Misalnya, adanya pendampingan sehingga tidak selesai kegiatan, lalu selesai semuanya. Tapi, setelah ada kegiatan Pestani empat hari, maka berikutnya terus dilakukan pembinaan, itu yang terpenting, ujar Wagio. Dengan harapan agar Pestani ini benar-benar memberikan dampak bagi kemajuan petani, dan dapat memperkokoh ketahanan pangan masyarakat, tidak sekedar evoria semata.

Source :Humas


Kategori Berita