Ini Cara Genjot Serapan Minyak Sawit Domestik Supaya Harga Terdongkrak Naik

07 December 2018 | by : Administrator

InfoSAWIT, JAKARTA – Untuk meningkatkan serapan minyak sawit (CPO) domesti, Peneliti Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Agus Kismanto, memiliki saran pemerintah untuk bisa  melakukan penjajakan program barter biodiesel biothanol dengan Brasil yang memiliki potensi sebesar 3,3 juta kiloliter.

Selain itu, Substitusi MFO (marine fuel oil) dengan CPO oleh PLN yang potensinya bisa mencapai 0,9 juta kiloliter juga perlu dilakukan. “Peluang lain,mengganti PLTD berbahan bakar HSD dengan CPO atau minyak goreng. Potensinya bisa mencapai 2,9 juta kiloliter," kata Agus, dalam Focus Group Discussion (FGD) di Jakarta, Rabu (5/12/2018).

Seain tentunya pemerintah pula untuk segera mempercepat program B20 menjadi B30. “Paling tidak, program B30 bisa terealisasi pertengahan tahun depan untuk mempercepat serapan dan mendorong kenaikan harga CPO,” katanya.

Sementara anggota Komisi XI DPR  Jhony G Plate mengatakan, instansi pemerintah perlu melepaskan ego sektoral untuk mendorong penguatan harga CPO. ”Indonesia  merupakan negara yang besar, tetapi persoalan semua instansi bekerja sendiri sendiri dan sangat sektoral sehingga mengakibatkan kita menjadi kecil dan berdampak pada leverage kita yang kecil,” tandas dia. (T2)

Sumber : https://www.infosawit.com


Kategori Berita