Mulai Langka, PTPN XII Target Tanam 1 Juta Pohon Sukun

JEMBER, (suarajatimpost.com) – PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII menargetkan penanaman satu juta pohon sukun, yang saat ini mulai langka. Khusus di Kebun Banjarsari Jember, PTPN XII menargetkan sebanyak 100.000 pohon sukun.

“Kita memilih pohon sukun karena pohon ini, khususnya di Jawa Timur sudah mulai langka. Untuk hari ini kami menanam 87.000 pohon. Sisanya akan terus kita tanam dengan bekerja sama dengan sejumlah intansi terkait," kata Administratur Kebun Banjarsari, Mulyadib Eko Purnomo.

Ia menerangkan, Sukun merupakan tanaman buah yang pohon dan buahnya mirip Nangka. Namun jika buah Nangka bentuknya lonjong, buah sukun bentuknya cenderung bulat. Ukuran buah Sukun juga lebih kecil dibanding buah Nangka.

"Buah sukun biasanya dimasak sebagai sayur, atau dimanfaatkan sebagai gorengan dan keripik," terangnya.

Selain bertujuan memperbanyak jumlah pohon, penanaman Sukun juga bertujuan sebagai konservasi. Sebab tanaman Sukun dikenal sangat baik dalam mengikat air. 

“Sedangkan buahnya juga bisa kita manfaatkan sebagai makanan pokok,” tuturnya.

Dia juga menjelaskan pentingnya tanaman bagi mahluk hidup, khususnya manusia. Sebab tanaman akan menghasilkan oksigen yang sangat dibutuhkan manusia. 

“Idealnya, satu orang butuh sekitar 25 tanaman yang menghasilkan oksigen,” ucapnya.

Tanaman juga akan bermanfaat bagi kelangsungan anak cucu. Karena tanaman bisa menjadi salah satu pencegah adanya banjir dan tanah longsor.

“Dengan merawat tanaman dengan baik, maka kita akan mewarisi anak cucu kita kehidupan yang lebih baik,” pungkas Mulyadib.


Kategori Berita
Sub Kategori Siaran Pers