Pelesir Ke Jember Bukan Hanya Ke Pantai, PTPN Xii Adakan Edukasi Pendidikan Kopi Robusta

Jember, Laras Post - Kabupaten Jember di Jawa Timur terkenal dengan pesona Pantai. Padahal, selain obyek wisata pantai, masih terdapat obyek wisata lain yang menarik untuk dikunjungi. seperti kebun gunung gumitir PTPN XII  yang mengadakan louncing perdana Wisata Edukasi kopi robusta kepada siswa siswi TK dan siswa siswi SDN 2 Sidomulyo di rest Area cafe gumitir.
 
Sebelumnya para siswa dibekali pengetahuan bagaimana tentang  produksi  kopi robusta, para siswa juga  diperkenalkan langsung dengan pembibitan kopi unggulan milik Perkebunan gunung gumitir yakni KOPI ROBUSTA, selain pengenalan dan pembelajaran tersebut, para siswa juga di bekali tentang sejarah tanaman kopi masuk ke Indonesia, jenis kopi robusta terbaik, serta proses singkat pengolahan Kopi Robusta dari pemilahan biji biji hingga siap saji. 
 
Juga bagaimana manfaat dan efek samping apabila minum kopi, yang tak kalah pentingnya dan menarik dari pendidikan non formal terhadap anak usia dini tersebut adalah perkenalan tentang sejarah terowongan peninggalan belanda.
 
Menurut salah satu guru TK Indria Mrawan (ASIH), menanggapi tentang  lonching perdana Wisata Edukasi Kopi Robusta oleh Perkebunan gunung gumitir PTPN XII  kepada Laras post mengatakan, "edukasi terhadap siswa siswi terutama pada anak usia dini sangatlah penting.
 
anak anak bisa melihat langsung terhadap lingkungan yang ada dan Edukasi begini siswa bisa praktek langsung bagaimana budidaya Kopi Robusta yang sebenarnya, "Selain perkenalan terhadap tanaman yang ada di kebun gunung gumitir PTPN XII, Siswa juga diperkenalkan tentang jenis Kopi Robusta dan Kopi Arabica, yang tak kalah menarik siswa tahu tentang sejarah kopi yang di bawa oleh Bangsa Etiopia sekitar 300 tahun yang lampau, "ujar Asih.
 
Sementara meneger kebun gunung gumitir PTPN XII Ari Restiyanto, usai memandu dan memberi pendidikan kepada siswa siswi mengatakan kepada Laras post, tujuan dari lounching perdana Edukasi Wisata Kopi Robusta, adalah untuk mendidik anak dan menambah pengetahuan kepada siswa di semua tingkatan, "potensi yang ada ini tentunya kita kembangkan untuk menambah pengetahuan, terutama terhadap siswa, harapan kami kedepan Edukasi  ini bisa menjadi Kurikulum di semua pendidikan, Edukasi yang kita kembangkan ini, ada dua paket yaitu paket komplit dan paket wisata edukasi," ujar ari.
 
Tidak hanya itu saja siswa juga dikenalkan bermacam tanaman kebun di antarnya, kakau, cengkeh, jeruk, karet.
 
Sumber : laraspostonline.com

Kategori Siaran Pers