Barisieur, Alarm Sekaligus Mesin Otomatis Pembuat Kopi

TEMPO.CO , London:Pernahkah anda membayangkan bila saat bangun tidur pada pagi hari, secangkir kopi panas telah tersaji di samping ranjang anda. Tapi, kopi itu bukan buatan suami atau istri maupun pramusaji anda di rumah, melainkan hasil dari proses otomatis sebuah mesin. Barisieur nama mesin itu.

Diciptakan oleh desainer kreatif asal Inggris, Josh Renouf, mesin ini menggabungkan dua fungsi sekaligus, alarm dan pembuat kopi. "Saya selalu tergugah pada inovasi dan menggali ide-ide baru," kata dia seperti dikutip dari situs resminya joshrenoufdesign.com, Rabu, 3 Juni 2015.

Alat ini terdiri dari tiga partisi utama. Jam digital, tabung kaca, dan kerucut penadah bubuk kopi. Di dalam tabung kaca ada bola sebesar kelereng yang terbuat dari stainless. Lantas, ada selang kaca yang dimasukkan dalam tabung lantas ujungnya berada persis di atas kerucut penadah bubuk kopi.

Cara kerjanya sangat sederhana. Sebelum beranjak tidur pada malam hari, anda cukup mengisi air mineral pada tabung kaca. Selanjutnya pastikan bubuk kopi yang anda tuang di kerucut penadah sesuai takaran yang diinginkan. Tak lupa, atur waktu di mana anda ingin bangun pada pagi hari.

Saat alarm aktif, Barisieur bakal bekerja. Dia membuat mode induksi di bawah tabung kaca beroperasi. Proses itu membuat kelereng stainless memanas lantas merebus air yang merendamnya. Saat air mendidih, kelereng stainless bakal bertumbukan satu sama lain dan terbentur permukaan tabung kaca. Tumbukan dan benturan itu yang menciptakan efek suara alarm.

Selain itu, tekanan uap yang dihasilkan mampu mendorong air panas naik melalui selang kaca hingga tertuang pada kerucut penadah bubuk kopi. Percampuran kopi dan air itu lalu menetes ke bawah, di mana sudah ada gelas yang siap menampungnya. Kopi panas siap anda cicipi begitu anda beranjak dari tempat tidur.

Renouf juga membuat Barisieur dilengkapi dengan tabung khusus seukuran telunjuk orang dewasa untuk menyimpan susu cair. Disediakan juga kompartemen khusus untuk menyimpan bubuk kopi dan gula tambahan.

Belum diketahui berapa harga alat ini. Namun, para penggemar kopi mendapat bocoran bahwa Renouf bakal menjual Barisieur dengan pada kisaran US$ 250-420 atau sekitar Rp 3,3-5,5 juta.

 

(djk)


Kategori Siaran Pers