Kamis, 17 April 2014

Portal Kementerian BUMN | Direktori BUMN

VISI PTPN XI : "Menjadi perusahaan agribisnis berbasis tebu yang tangguh, tumbuh, dan terkemuka"------------ MISI PTPN XI : "Mengelola usaha agribisnis berbasis tebu untuk memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan dan kemajuan stakeholder melalui pemanfaatan sumber daya secara efisien dan lestari"

Prestasi

Kegiatan

April  2014
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Min
   
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  

Kontak Kami

pic

Jajak

Apa pendapat anda tentang rencana Holding BUMN Perkebunan

View Results

Loading ... Loading ...

Tentang Perusahaan

Tipe Perusahaan
PERSERO

Lini Bisnis
PTPN XI merupakan BUMN Agribisnis (Perkebunan) dengan core business melalui pengoperasian 16 pabrik gula, 1 Pabrik Alkohol & Spiritus, 1 Pabrik Karung dan 4 Rumah Sakit di Jawa Timur.

Deskripsi Bisnis
Industri Gula, Alkohol & Spiritus, Rumah Sakit dan Pabrik karung (Goni & Plastik). Industri gula dengan bahan baku tanaman tebu dan tetes. Tetes sebagai bahan baku untuk menghasilkan alkohol dan spiritus. Jasa Rumah Sakit untuk melayani karyawan dan masyarakat sekitar. Karung untuk kemasan gula dan komoditas lain.

Dasar Hukum
Peraturan Pemerintah No. 16 tahun 1996 tanggal 14 Februari 1996

Komposisi Kepemilikan Saham
Pemerintah RI :100.00%

Kantor Pusat
Jl. Merak No.1
Surabaya 60175
Phone 031.3524596-99
Faksimili : 031.3532525
Email : ptpn11@ptpn-11.com
Website : www.ptpn-11.com

LO
Alamat :
Jalan Bendungan Jatiluhur 83
Bendungan Hilir
Jakarta

Phone :021-57210183
Fax : 021-5731941
email : loptpn11@yahoo.com

Strategi :
Memantapkan core business gula dan secara bertahap mengembangkan diversifikasi industri hilir khususnya berbasis tebu

Tujuan :
untuk turut melaksanakan dan meunjang kebijakan Program Pemerintah di bidang ekonomi dan Pembangunan Nasional pada umumnya, khususnya di subsektor pertanian dalam arti seluas-luasnya dengan tujuan memupuk keuntungan berdasarkan prinsip-prinsip perusahaan yang sehat berlandaskan kepada azas :
Mempertahankan dan meningkatkan sumbangan bidang perkebunan bagi pendapatan nasional melalui upaya peningkatan produksi dan pemasaran dari berbagai jenis komoditi perkebunan
Memperluas lapangan kerja dalam rangkat peningkatan taraf hidup rahyat
memelihara sumber daya alam dan lingkungan, air dan kesuburan tanah

VISI PTPN XI (PERSERO)

Menjadi perusahaan agribisnis berbasis tebu yang tangguh, tumbuh, dan terkemuka.

Penjelasan:

  • Agribisnis berbasis tebu mencakup usaha yang menghasilkan produk yang berasal dari bahan baku tebu. Produk  yang berasal dari bahan tebu misalnya gula kristal, alkohol, biofuel, biokompos, yeast (ragi), sirup/gula cair (palatinusa), L-LYSINE, ekstrak ampas, cogeneration (energi), particle board, kampas rem, kalium vinase, dan kertas.
  • Tangguh menunjukkan kekuatan perusahaan yang tahan dalam menghadapi segala gejolak perubahan dan mampu menyesuaikan diri (adaptif)  terhadap  tuntutan dan tantangan perubahan lingkungan serta mampu memenangkan persaingan.
  • Tumbuh menunjukkan keadaan perusahaan yang mampu meningkatkan nilai tambah dan kontribusi bagi stakekeholder dari waktu ke waktu, bertambah besar sekala ekonomi (skala usaha) dan profitabilitasnya secara berkelanjutan.
  • Terkemuka menunjukkan keadaan  bahwa perusahaan telah unggul dalam industri sejenis, baik  dalam harga pokok produksi, kualitas produk,  efisiensi penggunaan sumber daya, dan pelayanan; mampu bersaing dengan perusahaan sejenis; menjadi contoh (role model); serta mampu mencitrakan sebagai perusahaan agribisnis usaha tebu  berkelas dunia.

MISI PTPN XI (PERSERO)

Mengelola usaha agribisnis berbasis tebu untuk memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan dan kemajuan stakeholder melalui pemanfaatan sumber daya secara efisien dan lestari.

Penjelasan:

  • Usaha utama yang dikelola oleh PTPN XI (Persero) adalah agribisnis berbasis tebu. Saat ini PTPN XI (Persero) telah menghasilkan kristal gula, tetes, alkohol, spiritus, dan biokompos. Disamping itu PTPN XI (Persero) juga menghasilkan produk non tebu seperti karung plastik dan jasa rumah sakit. Produk-produk yang lain yang berasal dari bahan tebu merupakan peluang untuk dikembangkan di masa depan.
  • Maksud utama dari pendirian PTPN XI (Persero) adalah untuk memberikan kontribusi bagi kesejahteraan dan kemajuanstakeholder. Aspek kesejahteraan mencakup baik kesejahteraan lahir maupun batin, sedangkan aspek kemajuan mencakup pengetahuan, budaya, dan peradaban. Stakeholder PTPN XI (Persero) meliputi pemilik perusahaan (negara), karyawan, petani, pelanggan, pemerintah daerah, masyarakat sekitar, dan lain-lain.
  • Sumber daya perusahaan meliputi sumber daya alam, manusia, mesin, metode, material, modal, waktu, informasi, dan lain-lain. PTPN XI (Persero) berkomitmen untuk mengelola setiap satuan sumber daya perusahaan secara efisien  agar menghasilkan produk-produk yang memberikan nilai tambah optimal bagi stakeholder.
  • Agribisnis merupakan usaha yang berbasis sumber daya alam dan sangat dipengaruhi oleh iklim. Kelestarian alam dan lingkungan merupakan syarat bagi keberlangsungan usaha agribisnis, demikian juga bagi kesejahteran dan kemajuan generasi berikutnya. Oleh karena itu PTPN XI (Persero) dalam menjalankan usaha berkomitmen untuk senantiasa menjaga, memelihara, dan mewujudkan kelestarian alam dan lingkungan.