17 Manfaat Kelapa Sawit Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Kelapa Sawit umumnya digunakan sebagai minyak goreng. Seperti yang terdapat di Afrika, Asia Tenggara, dan negara-negara tertentu di Amerika Selatan. Kemudian, minyak kelapa sawit juga digunakan untuk memproduksi bahan bakar bio untuk kendaraan bermotor dan pesawat. Disamping itu, ada sejumlah manfaat kesehatan lainnya yang dihasilkan oleh minyak kelapa sawit.

Kelapa sawit memiliki bahasa latin Elaeis. Kelapa sawit tergolong dari family palmea dan merupakan salah satu jenis komoditi yang paling banyak disukai oleh para pengusaha dibidang perkebunan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya trend pembukaan atau perluasan lahan yang dinotabene dijadikan sebagai perkebunan kelapa sawit. Tapi dampak lain dari hal ini lebih banyak merugikan alam, karena mengorbankan hutan-hutan dan fungsi hutan tersebut yang sangat bermanfaat bagi habitat dan kehidupan mahkluk hidup di alam sebagai ekosistemnya. Namun demikian, terlepas dari kondisi perkebunan kelapa sawit yang semakin marak dan yang semakin susah dibendung maka tak jarang kegiatan tersebut merusak hutan akibat pengalihan fungsi hutan itu sendiri. Manfaat Kelapa Sawit yang sangat beragam menjadikan kelapa sawit merupakan salah satu komoditas primaadona untuk membangun perekonomian, karena memiliki harga jual atau harga dalam trde global yang cukup menarik dan sangat menguntungkan bagi pengusaha, dan bagi negara yang tentunya bisa menambah pendapatan negara itu sendiri.

Manfaat dan kegunaan kelapa sawit Di Indonesia sendiri, yang merupakan salah satu negara penghasil komoditas kelapa sawit. Kelapa sawit yang produktif atau TM (Tanaman Menghasilkan), banyak tumbuh dan berkembang di daerah Sumatra, Jawa, Kalimantan dan sebagian sulawesi. Pohon kelapa sawit memiliki bentuk yang mirip dengan pohon palmae atau palam-palaman, dengan batangnya yang tingginnya (highting) bisa mencapai 24 meter. Sebagai salah satu jenis perkebunan yang berkembang dan banyak ditumbuh kembangkan di pulau-pulau Indonesia sendiri, pastinya kelapa sawit mempunyai banyak sekali manfaat. Berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai manfaat kelapa sawit, yang mana salah satunya adalah manfaat Practical/praktis Kelapa Sawit

Manfaat Kelapa Sawit

1.    Sebagai minyak goreng (Food oil)

Manfaat kelapa sawit yang pertama adalah sebagai bahan baku pembuatan (Food oil) minyak makan atau minyak goereng. . Tentunya kita sangat menegtahui manfaat dari minyak goreng itu sendiri, bisa jadi saat anda membaca informasi tentang manfaat kelapa sawit ini anda sedang makan goreng pisang atau produk makanan gorengan lainnya.

2.    Sebagai campuran bahan bakar solar

Disel merupakan salah satu jenis mesin yang memiliki keunggulan, terutama untuk kendaraan dan alat berat, yang membutuhkan tenaga dalam jumlah yang lebih dan besar dan juga sebagai bahan bakar kendaraan alat pendistribusian komoditas antar desa dan daerah. Selain itu, disel juga sering dimanfaatkan sebagai bahan bakar power plant atau pembangkit listrik. Bahan bakar utama dari disel dapat diperoleh dengan menggunakan campuran dari minyak kelapas sawit, yang dinilai eco-friendly atau ramah lingkungan, dibandingkan bahan bakar disel/solar biasa.

3.    Sebagai oli dan pelumas

Minyak kelapa sawit yang merupakan salah satu hasil olahan dari kelapa sawit juga dapat dimanfaatkan sebagai oli dan pelumas. Kebanyakan, oli dan pelumas dari minyak kelapa sawit ini dimanfaatkan untuk melumaasi bagian luar dari mesin dan juga perangkat lainnya. Bahkan ada jenis mesin dua tak, menggunakan minyak goreng kelapa sawit sebagai bahan campuran pada oli sampingnya.

4.    Bahan pembuatan mentega (Oleo-margarine)

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan bahan ataupun produk yang satu ini. Ya, mentega atau oleomargarine merupakan bahan yang sering digunakan untuk bahan penyedepa masakan baik itu bahan penyedap untuk menumis hingga membuat kue. Salah satu bahan utama dari pengolahan dan pembuatan oleomargarin itu sendiri adalah minyak kelapa sawit

5.    Bahan pembuatan pomade

Baru-baru ini pomade merupakan salah satu bahan kosmetik rambut yang banyak digunakan baik itu kalangan wanita maupun pria. Pomade saat ini banyak digunakan karena sesuai dengan trend gaya rambut. Namun siapa sangka, pomade ternyata dibuat dari bahan dasar kelapa sawit.

6.    Bahan pembuatan lotion dan juga cream kulit

Selain pomade, beberapa macam krim dan juga body-lotion yang biasa kita gunakan pada kulit juga banyak yang terbuat dari minyak kelapa sawit sebagai bahan bakunya. Minyak kelapa sawit diformulasikan dengan memanfaatkan berbagai macam bahan berupa serum dan juga vitamin yang baik untuk kesehatan kulit kita.

7.    Membantu mengurangi rasa luka bakar

Manfaat lain adalah sebagai bahan campuran pendingin saat kulit mengalami luka bakar. Mendinginkan luka bakar dengan menggunakan putih telur dan juga minyak kelapa sawit yang dingin bisa mengurangi rasa dan efek luka bakar.

8.    Dapat menetralkan rasa pedas (Hot)

Berbagai macam gorengan, memilki kemampuan yang baik untuk menetralkan rasa pedas (Hot). Hal ini disebabkan oleh kandungan dari minyak kelapa sawit yang dapat menetralkan rasa pedas.

9.    Bahan baku pembuatan cat

Minyak kelapa sawit juga dapat dibuat menjadi salah satu bahan baku dalam pembuatan cat atau pewarnaan tembok, mobil, vernis dan juga compound yang sering kita gunakan untuk melakukan proses pemolesan atau pengecatan pada permukaan body luar mobil.

10.  Bahan baku pembuatan pembersih atau pasta gigi

Manfaat lainnya dari minyak kelapa sawit adalah dapat menjadi salah satu bahan baku pembuatan pembersih atau pasta gigi.

11.  Sebagai Dempoel

Minyak kelapa sawit juga merupakan salah satu bahan baku dalam pembuatan dempoel. Dempoel sendiri merupakan bentuk pasta yang berfungsi untuk perbaikan-perbaikan pada patahan tertentu pada bagian luar/permukaan dari besi dan plastik.

12.  Dapat membantu proses penyamakan kulit

Minyak kelapa sawit memiliki manfaat lain, yatu dapat membantu proses penyamakan kulit binatang. Biasanya kulit binatang, seperti sapi dan kambing akan mengalami proses penyamakan terlebih dulu, sebelum diolah menjadi kulit untuk bahan pembuatan tas dan dompet.

13.  Sebagai makanan hewan

Sampai bagian ampas dari buah kelapa sawit pun memiliki manfaat. Ampas kelapa sawit bermanfaat sebagai pakan hewan ternak.

14.  Sebagai bahan baku dalam industri baja

Kelapa sawit juga beranfaat sebagai ahan baku pada industri baja. Dalam industri baja, minyak kelapa sawit digunakan untuk memberikan lapisan pada baja dan besi agar menjadi lebih tahan terhadap karat dan ujga korosi

15.  Sbagai bahan baku biodiesel

Manfaat yang tidak kalah penting lagi adalah sebagai bahan baku pembuatan biodiesel atau bahan bakar diesel yang dapat diperbaruhi. Proses peembuatan biodiesel yang membutuhkan teknologi tertentu.

16.  Sebagai bahan baku bioavtur

Selain manfaat sebagai bahan baku biodiesel minyak kelapa sawit juga bermanfaat sebagai bahan baku bioavtur. Bioavtur merupakan bahan bakar pesawat yang berasal dari nabati dengan menggunakan teknologi tertentu dan pengolahan dan teknologi lanjutan dari pembuatan bahan baku biodiesel.

17.  Dapat menjadi kompos

Yang terkhir, kelapa sawit dapat menjadi kompos, alias pupuk. Ya, ampas dari buah kelapa sawit, dan juga daun kelapa sawit dapat diolah dalam bentuk pupuk kompos. Pupuk kompos ini dapat membantu menyuburkan tanah dan dapat membantu pertumbuhan tanaman menjadi lebih baik, karena mengandung unsur-unsur hara.


Sebagai komoditas, kelapa sawit juga memiliki manfaat ekonomi. Seperti telah diketahui, kelapa sawit memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi, sehingga membuat banyak kalangan pengusaha berani menanamkan investasi modal yang tinggi pula bagi pembukaan lahan kebun kelapa sawit. Hasil produksi dari kelapa sawit dapat dijual sebagai komoditas ekspor. Dapat juga didistribusikan ke pabrik-pabrik yang mengolah minyak kelapa sawit. Namun saat ini, pembukaan lahan perkebunan kelapa sawit harus mengorbankan lahan – lahan hutan tropis Indonesia, sehingga pembukaan lahan untuk perkebunan kelapa sawit banyak ditentang oleh berbagai kalangan. (sumber: kelapasawit.ptnasa.net)


Kategori Artikel
Sub Kategori Berita