Setelah Beli Pesawat di Indonesia, Senegal Tertarik Beli Kereta Buatan PT INK

SURYAMALANG.COM, MADIUN - Senegal berencana memesan lokomotif dan Kereta Rel Diesel (KRD) di PT INKA.

Jumat (13/4/2108) siang itu, sejumlah perwakilan dari Senegal didampingi Duta Besar Indonesia untuk Senegal, Mansyur Pangeran melihat proses produksi di PT INKA, Madiun.

Dirut PT Inka, Budi Noviantoro sebagai Dirut PT INKA (Persero) menuturkan, kedatangan perwakilan dari Senegal ke PT INKA merupakan tindak lanjut pertemuan di acara Forum Indonesia-Africa Forum (IAF) 2018 di Nusa Dua, Bali, Selasa (10/4/2018).

Senegal yang hadir dalam forum itu menyatakan ketertarikannya terhadap industri perkeretaapian di Indonesia.

"Sebetulnya ini tindak lanjut pertemuan Forum Indonesia-Africa Forum (IAF) di Bali. Ada beberapa delegasi dari Afrika yang datang. Ada Etiopia, Maroko, Senegal. Nah, salah satunya yang telah membrikan komitmen Senegal," jelasnya.

Dia menuturkan, rencananya pemerintah Senegal akan membeli 10 unit lokomotif. Selain itu, pemerintah Senegal juga menyatakan ketertarikannya terhadap kereta inspeksi yang biasa dipakai presiden.

"Tadi sudah melihat-lihat dan katanya akan membeli 10 unit lokomotif dan juga tertarik dengan kereta inspeksi," katanya.

Meski demikian, saat ini masih dalam proses penawaran dan belum ada kesepakatan kontrak ataupun harga.

"Masih proses, fifty-fifty, yang jelas kami berharap nanti ada peluang kerjasama," tegasnya.

Dia menuturkan, jika kerjasama terwujud maka Senegal merupakan negara Afrika pertama yang menjalin kerjasama dengan PT INKA. Selama ini, industri transportasi di Afrika didominasi perusahaan dari Perancis dan Tiongkok.

Sementara itu, Senegal State Secretary for National Railways Abdou Ndane Sall yang mewakili pemerintah Senegal menyatakan ketertarikannya dengan industri kereta api di Indonesia.

"Ya, mereka menyatakan tertarik membeli dan kagum dengan industri kereta api di Indonesia,"kata Duta Besar Indonesia untuk Senegal, Mansyur Pangeran yang mendampingi rombongan.

Dia menuturkan, alasan ingin membeli kereta di PT INKA karena sebelumnya pemerintah Senegal membeli pesawat CN-235 di Indonesia dan mendapatkan pelayanan service atau maintenance yang memuaskan dari PT Dirgantara Indonesia (Persero).

"Itulah yang membuat mereka (Senegal) tertarik ingin membeli kereta dan kapal di Indonesia," imbuhnya.



http://suryamalang.tribunnews.com/2018/04/13/setelah-beli-pesawat-di-indonesia-senegal-tertarik-beli-kereta-buatan-pt-inka.


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel