PTDI Kembangkan Pesawat CN235 Bersenjata Canggih

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta - PT Dirgantara Indonesia (Persero) saat ini tengah mengembangkan pesawat CN235 yang dilengkapi dengan senjata atau gun ship. Merupakan pengembangan dari CN235 yang sebelumnya sudah diproduksi PTDI.

Direktur Produksi PTDI, Arie Wibowo, membenarkan jika pihaknya tengah mengupgrade pesawat yang sebelumnya telah diproduksi.

"Iya memang kita sedang men-develope variant dari legacy product kita CN235, dengan kemampuan sebagai Gun-Ship Aircraft version," ujarnya di Jakarta, Rabu (16/1/2019).

Ia menambahkan, dikembangkannya pesawat CN235 dengan perlengkapan senjata untuk memenuhi kebutuhan keamanan di wilayah perairan dan perbatasan Indonesia.

"Ini kita develop untuk memenuhi kebutuhan civil security khususnya daerah perairan dan juga perbatasan negara," katanya.

Pesawat tersebut diharapkan bisa membantu memerangi kapal maling ikan, human trafficking, hingga peredaran narkotika.

"Ini inovasi PT Dirgantara Indonesia (Persero) yang ditujukan untuk kemungkinan kebutuhan kementerian Ibu Susi maupun angkatan/Polri," imbuhnya.

Pesawat CN235 Gun Ship saat ini dalam proses penyelesaian basic aricraft. Sedangkan pengujian senjata dilakukan secara terpisah. Namun, detail persenjataannya belum bisa dirinci oleh PTDI. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan untuk bekerja sama dengan Pindad.

"Memungkinkan nanti apabila sudah ada customernya kami bekerja sama dengan Pindad sebagai bentuk BUMN sinergi," jelasnya.

Pesawat CN235 Gun Ship diharapkan bisa uji terbang tahun ini. "Harapan kita bisa terbang perdana dan memulai terbang pengujian tahun 2019 ini," harapnya.


Penulis/Editor: Irfan Mualim


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel