Sapu Bersih 5 Penghargaan, PLN Kembali Raih The Best Indonesia Green Awards

Jakarta, 4 Mei 2017 PLN kembali mengukir prestasi membanggakan di ranah Corporate Social Responsibility (CSR). Melalui ajang Indonesia Green Awards (IGA) 2017 yang diselenggarakan oleh The La Tofi School of CSR, PLN sukses menyapu bersih penghargaan dari seluruh kategori perusahaan. Dengan pencapaian ini, PLN pun kembali menyandang gelar “The Best Indonesia Green Awards”, seperti tahun sebelumnya.

Bertempat di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Rabu (3/5), Penghargaan IGA 2017 diserahkan oleh Irjen Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Imam Hendargo, Chairman The La Tofi School of CSR La Tofi dan Senior Advisor The La Tofi School of CSR Hamdan Zoelva kepada Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN I Made Suprateka.

Mewakili Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Imam Hendargo mengapresiasi para penerima Awards.

“Selamat kepada penerima Awards. Semoga semakin banyak perubahan yang dilakukan untuk kualitas lingkungan kita dan apa yang telah kita upayakan akan bermanfaat bagi bangsa dan negara,” ujar Imam.

I Made Suprateka menyatakan, kesuksesan yang diperoleh dalam IGA 2017 menjadi komitmen bagi PLN karena telah mampu meningkatkan mutu lingkungan dan turut berperang melawan perubahan iklim. PLN sebagai korporat sudah seharusnya menciptakan lingkungan yang hijau demi kemaslahatan bumi. Ajang ini tentunya dapat memacu kinerja PLN untuk terus berinovasi di bidang pemeliharaan dan pelestarian lingkungan

“Prestasi ini adalah komitmen PLN terhadap pemeliharaan dan pelestarian lingkungan. Ini juga kerjasama yang baik dan intens antara korporat, masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya dalam upaya menghijaukan lingkungan. Kami berharap dapat menginspirasi semua pihak untuk bersama-sama aktif melakukan pembangunan yang berwawasan lingkungan,” ujar Made.

Adapun lima kategori penghargaan yang berhasil diraih melalui Program CSR PLN adalah :

 

No. Kategori Penghargaan Program Unit PLN
1. Penyelamatan Sumber Daya Air Menjaga Sumber Air Sungai Mudal PLN Distribusi Jawa Tengah dan DIY
2. Menghemat Energi dan Penggunaan Energi Baru dan Terbarukan Gas untuk Nelayan Gebang Mekar PLN Distribusi Jawa Barat
3. Mengembangkan Keanekaragaman Hayati Cahaya Hati dari Lubang Galian PLN Wilayah Bangka Belitung
4. Pelopor Pencegahan Polusi Batu Kapur Bersihkan Langit Jepara PLN Pembangkitan Tanjung Jati B
5. Mengembangkan Pengolahan Sampah Terpadu Sampah di Tangan Perempuan Ampenan PLN Wilayah Nusa Tenggara Barat

 

Sebelumnya, PLN juga meraih penghargaan “The Best Indonesia Green Awards” pada ajang yang sama tahun 2016 dan mendapat penghargaan di kategori lainnya pada IGA 2014 dan 2015.

Penghargaan Indonesia Green Awards merupakan bentuk apresiasi dari pemerhati lingkungan di Indonesia yang diberikan kepada perusahaan, provinsi, kota, sekolah, dan perguruan tinggi yang dinilai berprestasi sangat baik dalam pelaksanaan program yang mendukung pemeliharaan dan pelestarian lingkungan. IGA 2017 juga merupakan wujud apresiasi upaya-upaya seluruh pihak yang telah melaksanakan berbagai program untuk menyelamatkan bumi, khususnya meminimalisir dan mencegah dampak perubahan iklim yang lebih ekstrim.

“Perusahaan tidak boleh asing dari lingkungannya, serta hanya mengejar keuntungan dan ekonomi. Oleh karenanya, IGA Awards diselenggarakan dalam rangka memajukan dan mengembangkan esensi dan tujuan dari CSR. Ini penting kita kembangkan untuk pembangunan kita yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan. Di tahun ke-8 ini, saya harap IGA Awards dapat memberi dampak positif, baik bagi perusahaan yang sudah mendapat awards maupun yang belum. Awards ini adalah milik kita bersama. Milik perusahaan dan milik pemerintah,” jelas Hamdan Zoelva.

Indonesia Green Awards kali ini mensyaratkan setiap inisiatif (berdasarkan kategori yang diikuti) merupakan CERITA PERUBAHAN, bukanlah sekedar gambaran dari tidak ada menjadi ada, tetapi apa yang berkembang kemudian. Tahun ini ada 136 program yang berasal dari 31 perusahaan yang masuk ke IGA 2017.

“Hal ini merupakan sebuah respon baik dari perusahaan untuk menceritakan perubahan-perubahan positif yang telah mereka lakukan. Banyak sekali program-program baru yang di luar dugaan kami,” ungkap La Tofi.


Kategori Siaran Pers
Sub Kategori Siaran Pers