Kamis, 24 April 2014

Portal Kementerian BUMN | Direktori BUMN

Visi Kementerian BUMN : "Meningkatkan peran BUMN sebagai instrumen negara untuk peningkatan kesejahteraan rakyat berdasarkan mekanisme"

Prestasi

PT Pindad (Persero) berhasil mendapatkan penghargaan PROPER HIJAU untuk PT Pindad (Persero) yang berlokasi di Bandung dan PROPER BIRU untuk PT Pindad (Persero) yang berlokasi di Turen, Malang.

Kegiatan

April  2014
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Min
   
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  

Kontak Kami

pic

Jajak

How about the information quality on this site?

  • Very good (33%, 2 Votes)
  • Good (33%, 2 Votes)
  • Need an improvement (34%, 2 Votes)

Total Voters: 6

Loading ... Loading ...

Kunjungan Peserta Workshop Kelaikan Darat Militer Baranahan Kemhan ke PT Pindad (Persero)

21 Juni 2013

Tiga puluh lima peserta yang berasal dari berbagai satuan dari Kementerian Pertahanan mengikuti Workshop Kelaikan Darat Militer Badan Sarana Pertahanan (Baranahan) di lingkungan PT Pindad (Persero) pada tanggal 20 Juni 2013. Para peserta dipimpin oleh Kasubdit Laik, Letnan Kolonel Dadang Hidayat dan diterima langsung oleh Deputi Direktur Bidang Penelitian dan Pengembangan, Triono Priohutomo di Auditorium Gedung Direktorat.

Workshop ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan yang lebih mendalam mengenai produk-produk alutsista yang diproduksi oleh PT Pindad (Persero), meliputi produk senjata dan produk kendaraan khusus. Pengetahuan produk ini diperlukan oleh para peserta karena akan sangat berguna dalam karir mereka sebagai inspektur kelaikan darat untuk produk-produk alutsista yang akan digunakan dalam industri pertahanan di masa depan. Selain itu, workshop ini juga memberikan suatu nilai tambah bagi PT Pindad, karena Pindad juga bergantung pada proses penilaian kelaikan produk militer untuk menilai kemampuan produk yang dihasilkan.

Tiga puluh lima orang peserta ini dibagi menjadi dua kelompok dan mengunjungi dua fasilitas produksi secara bergantian, Divisi Senjata dan Divisi Kendaraan Khusus. Di kedua fasilitas produksi tersebut, para peserta workshop mendapatkan penjelasan dari para instruktur yang mengetahui seluk-beluk fasilitas produksi. Untuk Divisi Senjata, para peserta mendapatkan penjelasan dari Kepala Departemen Mutu, Alam Ligawibawa, sedangkan untuk Divisi Kendaraan Khusus, Kepala Sub Departemen Desain Produk, Sena Maulana memberikan penjelasannya untuk para peserta.

Di Divisi Senjata, para peserta mengunjungi beberapa fasilitas produksi senjata, seperti Departemen Produksi I dimana mereka bisa mengikuti alur produksi pembuatan senjata laras panjang. Setelah itu, mereka mengunjungi Surface Heat Treatment, bagian perakitan atau assembling, dan pada akhirnya para peserta mendapatkan kesempatan untuk menguji kemampuan dari beberapa senapan dan pistol andalan Pindad.

Proses pembuatan panser secara lengkap mulai dari pemotongan plat, pengelasan, hingga perakitan komponen-komponen panser hingga menjadi satu kendaraan utuh dapat disaksikan secara langsung oleh para peserta. Para peserta pun tampak bersemangat mengajukan berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan kekuatan material yang digunakan, hingga komponen-komponennya. Para peserta juga mendapatkan kesempatan untuk menaiki Panser Anoa 6×6 dengan melewati area uji panser.

Setelah makan siang, para peserta mendapatkan materi tentang uji kelaikan dari Kapuslaik, Laksamana Muda Sahid Anwar. Beliau memberikan materi tentang proses uji kelaikan untuk semua komoditi militer dan bernilai strategis. Uji kelaikan ini sangat penting karena diperlukan untuk memperkecil resiko kerusakan atau pengoperasian yang tidak aman bagi personel, dan hasil akhirnya harus dapat dipertanggungjawabkan.

Semoga saja, kegiatan workshop ini dapat memberikan pengetahuan yang maksimal untuk para peserta dan dapat membantu pekerjaan mereka di masa depan sebagai inspektur uji kelaikan. (Anggia)



Kirim Komentar

Baca Komentar ( 0 )

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

: *


*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>