Tingkatkan TKDN, Pindad Jalin Sinergi BUMN Dengan Barata dan BBI

JAKARTA – PT Pindad (Persero) bekerjasama dengan PT Barata (Persero), dan PT Boma Bisma Indra (Persero) atau BBI dalam rangka sinergi antar BUMN di bidang kerjasama bisnis, produk, penelitian & pengembangan, pemasaran, pelayanan purna jual, pemeliharaan, perbaikan, dan penyediaan komponen serta menaikkan nilai Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) untuk produk-produk industrial yang dihasilkan dan diperdagangkan oleh masing-masing BUMN.

Komitmen sinergi BUMN ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman oleh Direktur Utama Pindad, Abraham Mose, Direktur Utama Barata, Silmy Karim, dan Direktur Utama BBI, Rahman Sadikin pada 7 Agustus 2017 di Kantor Kementerian BUMN.

Abraham Mose mengatakan sinergi antar BUMN ini bertujuan untuk pertumbuhan bersama dan menaikkan TKDN. “Kerjasama ini merupakan wujud sinergi BUMN untuk saling memberikan manfaat, menaikkan TKDN di bidang Produk dan Bisnis Industrial dan meningkatkan pertumbuhan perusahaan,” ujar Abraham.

Kerjasama di bidang Produk dan Bisnis Industrial ini meliputi: Berbagai produk pengecoran dan permesinan, Pembuatan mesin-mesin khusus, Alat dan Mesin Pertanian, Pembuatan Peralatan Industri, Pembangkit tenaga listrik, Alat dan Mesin bidang Agro Industri, Alat Berat, Suku cadang alat berat di pertambangan, Alat Perkeretaapian, serta Alat dan peralatan kapal laut.

Ruang lingkup pelaksanaan kerjasama terkait Produk dan Bisnis Industrial dalam bentuk: Kerjasama Produksi, Pemasaran dan Penjualan, Layanan Purna Jual, Pemeliharaan, Perawatan, Perbaikan, Penyediaan, Penjaminan Kehandalan Produk dan Fasilitas Produksi, Meningkatkan nilai TKDN, Perluasan kapasitas produksi (extended capacity) dalam bidang engineering, fabrikasi, pengecoran dan permesinan.

Barata merupakan BUMN yang bergerak di bidang pengecoran besi dan baja, bidang manufaktur komponen-komponen industrial dan peralatan untuk industri minyak dan gas, industri pertanian, industri alat berat, hidromekanik, pembangkit listrik serta bidang engineering, pengadaan dan konstruksi berbasis manufaktur.

BBI merupakan BUMN yang bergerak dalam bidang mesin dan peralatan industri, foundry dan manajemen proyek dan jasa.

Melalui berbagai sinergi BUMN yang dilakukannya, Pindad menunjukan komitmen nyata untuk mendukung pertumbuhan industri dalam negeri baik Bisnis Produk Hankam maupun Produk Industrial.

 

PT Pindad (Persero) :

PT Pindad sebagai perseroan terbatas milik Negara dibentuk pada tahun 1983. Perusahaan yang akar sejarahnya telah berdiri sejak masa kolonial Belanda itu, aktif memproduksi berbagai alutsista untuk kebutuhan TNI, dan juga telah mengekspor sejumlah produk unggulannya seperti amunisi dan kendaraan tempur ke pasar global. PT Pindad selain menghasilkan alutsista juga memiliki Divisi yang menghasilkan mesin industry dan alat berat seperti ekskavator, penambat rel kereta api, motor traksi, generator hingga crane kapal laut.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi :

Sekretaris Perusahaan, Bayu A. Fiantoro

E-mail: bayu.fiantoro@pindad.com


Kategori Siaran Pers
Sub Kategori Siaran Pers