Pindad Rayakan Hari Jadi ke-34: “Membangun Pindad Incorporated Unggul”

Dikenal luas oleh masyarakat sebagai perusahaan yang senantiasa berinovasi di industri pertahanan, PT Pindad (Persero) merayakan hari jadi ke-34 pada 29 April 2017. Perusahaan pelat merah yang berkantor pusat di Bandung ini menyelenggarakan banyak kegiatan, baik sosial, olahraga, maupun hiburan sebagai bentuk perayaan yang tahun ini bertemakan “Membangun Pindad Incorporated Unggul”. Rangkaian kegiatan tersebut berlangsung dari tanggal 3 – 25 April 2017 di Bandung dan Turen, Malang, lokasi Divisi Munisi berada. Manajemen berharap segenap insan Pindad dapat mempererat kebersamaan dan memupuk semangat kekeluargaan.

Direktur Utama, Abraham Mose, menyatakan hari ulang tahun sudah seharusnya menjadi momentum yang tepat untuk membangun kekompakan dalam memajukan perusahaan di tengah banyaknya tantangan. “Melalui tema (Membangun Pindad Incorporated Unggul) ini, saya berharap seluruh keluarga besar Pindad bersatu padu membangun perusahaan dan meningkatkan rasa memiliki. Hal ini penting agar kita mampu mencapai cita-cita bersama”, tutur Abraham. Lebih dari itu, usia 34 tahun merupakan usia yang seharusnya mampu menampilkan kematangan, baik dalam hal inovasi produk maupun kinerja perusahaan.

Inovasi Tanpa Henti untuk Mendulang Prestasi

Menapaki usia ke-34, Pindad senantiasa berkomitmen penuh untuk terus berinovasi  dalam menghadapi tantangan zaman yang terus bergerak. Perusahaan yang cikal bakalnya telah ada sejak zaman pendudukan Belanda ini senantiasa bersinergi dengan para pemangku kepentingan, termasuk pengguna produk, untuk dapat terus meningkatkan kualitas dan mengembangkan varian produk. Komitmen tersebut diterjemahkan secara nyata melalui kelahiran senjata baru guna memenuhi kebutuhan Tentara Nasional Indonesia serta pasar secara umum. Beberapa di antaranya adalah senjata SS2 V5 yang didesain khusus untuk Komando Pasukan Khusus (Kopassus), senjata SS3 kaliber 7,62mm yang didesain dengan konsep Designated Marksman Rifle, senjata SPR 2 kaliber 12,7mm, SM2 kaliber 7,62mm, SM3 kaliber 5,56mm, Pistol G2 Elite, G2 Combat,  G2 Premium yang didesain khusus untuk olahraga menembak, dan SPR 3 kaliber yang dilengkapi tingkat akurasi yang tinggi. Tidak ketinggalan, Pindad pun menghadirkan ragam munisi baru, antara lain mortar kaliber 60mm dan 81mm, munisi kaliber besar 105 mm tipe HE (High Explosives).

Dalam hal kendaraan fungsi khusus, Pindad juga menghasilkan kendaraan tempur baru, yaitu Badak, nama yang diberikan secara khusus oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Badak didesain khusus menggunakan roda ban karena dianggap sesuai dengan kondisi geografis di Indonesia. Tidak hanya itu, turret kaliber 90mm produksi CMI Defense Belgia pun turut disematkan guna mendukung performa maksimal di lapangan. Selain Badak, Pindad juga melahirkan kendaraan Anoa Amphibious yang mendapat kehormatan untuk dicoba secara langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Rapat Pimpinan TNI 2017 di Cilangkap lalu.

Pindad juga turut serta dalam tujuh program prioritas Kementerian Pemerintah. Salah satunya adalah program pengembangan medium tank yang bekerja sama dengan perusahaan asal Turki, FNSS. Kendaraan ini diproyeksikan memiliki daya gempur yang luas, tahan terhadap senjata balistik, dan anti-ancaman ranjau.

Seiring dengan keberlanjutan perusahaan dalam berinovasi, Pindad juga turut berbangga hati atas beragam prestasi yang ditorehkan hingga ke level internasional. Kendaraan khusus produksi Pindad, Anoa 6x6, mendapat kepercayaan dari organisasi internasional, Perserikatan Bangsa Bangsa untuk mendukung misi perdamaian di Afrika, yaitu  UNIFIL di Libanon, UNAMID di Sudan, dan MINUSCA.Hal ini menjadi satu prestasi khusus bagi Pindad karena berarti kualitas produk Pindad dapat disandingkan dengan produk kendaraan tempur kelas dunia lainnya. Hingga kini, ada kurang lebih empat puluh satu unit kendaraan tempur buatan anak negeri yang mendukung pasukan Garuda dalam mempertahankan perdamaian.

Prestasi gemilang lain pun turut dicetak oleh senjata produksi Pindad. Melalui kejuaraan tembak level internasional, seperti Australian Army Skill Arms Meeting (AASAM), ASEAN Armies Rifle Meet (AARM), dan Brunei International Skill at Arms Meet (BISAM) selama beberapa tahun terakhir, senjata Pindad telah mendukung TNI dalam membawa dan mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah dunia. Sebagai informasi, Indonesia menjadi juara umum kesembilan kalinya pada tahun 2016 di perlombaan AASAM.

Ekspansi Bisnis Industrial

Sejalan dengan arahan pemerintah untuk mengembangkan teknologi dual purpose, Pindad merambah sektor yang semakin beragam. Setelah sukses menghasilkan ekskavator pertama dalam negeri di tahun 2016 sebagai bagian dukungan terhadap pembangunan infrastruktur nasional, Pindad kini menjajaki sektor pertanian. Komitmen ini diwujudkan dengan meluncurkan seri produk Alat dan Mesin Pertanian atau yang umum disebut Alsintani, antara lain backhoe loader, mesin panen multikomoditas jagung dan padi, serta mesin pengolahan rotavator dan tanam. Produk-produk inovatif tersebut direncanakan untuk diluncurkan pada pagelaran Pekan Nasional Petani dan Nelayan di bulan Mei mendatang.

Sebagai informasi, Pindad telah lama berkiprah di bisnis industrial dalam mengembangkan kapasitas nasional. Perusahaan ini tidak hanya mendukung sektor pertahanan nasional Indonesia, tetapi juga sektor perhubungan, maritim, kelistrikan, dan pertambangan. Beberapa produk industrial yang telah lama berkiprah di Indonesia, antara lain komponen alat perkeretaapian, alat peralatan kapal laut, generator beragam kapasitas, dan bahan peledak komersial.

Seluruh inovasi dan prestasi yang telah ditorehkan Pindad kiranya semakin menjadikan perusahaan ini sebagai badan usaha milik negara yang unggul dan kompetitif. Dirgahayu Pindad! Mari saling bahu membahu membangun Pindad Incorporated Unggul!

 

Rangkaian Kegiatan HUT Ke-34 Pindad

  • Upacara memperingati HUT pada 17 April 2017,
  • Press Gathering Lomba Tembak Antar Wartawan pada 18 April 2017 di Lapangan Tembak Divisi Kendaraan Khusus yang diikuti 46 wartawan dari berbagai media,
  • Lomba Olahraga antar karyawan meliputi cabang voli, tenis meja, bulutangkis dan Futsal pada 3 - 25 April 2017,
  • Excellent Employee dengan peserta meliputi karyawan strata 3, 4 dan 5,
  • Seminar Keamanan Informasi pada 28 April 2017,
  • Kegiatan sosial, meliputi anjang asih/pemberian santunan kepada warga kurang mampu, panti jompo dan panti asuhan pada 25 April 2017, donor darah pada 26 April 2017, serta khitanan massal pada 27 April 2017,
  • Puncak acara HUT pada 29 April 2017 meliputi: Jalan sehat dan lomba senam, prosesi peringatan HUT, Kuliah umum dan tausiyah, bazar, pameran menampilkan produk unggulan, hiburan meliputi live music, wayang bobodoran dan peluncuran kembang api.

 

PT Pindad (Persero) :

PT Pindad sebagai perseroan terbatas milik negara dibentuk pada tahun 1983. Perusahaan yang akar sejarahnya telah berdiri sejak masa kolonial Belanda itu, aktif memproduksi berbagai alutsista untuk kebutuhan TNI, dan juga telah mengekspor sejumlah produk unggulannya seperti amunisi dan kendaraan tempur ke pasar global. PT Pindad selain menghasilkan alutsista juga memiliki divisi yang menghasilkan mesin industri dan alat berat seperti ekskavator, pengait rel kereta api, motor traksi, generator hingga crane kapal laut.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi :

Sekretaris Perusahaan :

Bayu A. Fiantoro

E-mail: bayu.fiantoro@pindad.com


Kategori Siaran Pers
Sub Kategori Siaran Pers