Pindad Dukung Pemkot Bandung Wujudkan Bandung Bersih dan Peduli Literasi

PT Pindad (Persero) menyelenggarakan berbagai kegiatan program bina lingkungan yang merupakan kontribusi Pindad kepada masyarakat yang juga sejalan dengan program “BUMN Hadir Untuk Negeri” yang diprogramkan oleh Kementerian BUMN.

Adapun prorgam yang dilaksanakan antara lain penyuluhan pemilahan sampah, yang dikolaborasikan dengan program pemerintah Kota Bandung yaitu "Kang Pisman (Kurangi Pisahkan Manfaatkan) dan launching Taman Bacaan yang dilaksanakan di Graha Pindad, Bandung, Rabu (12/12/2018).

Acara dihadiri oleh Direktur Keuangan dan Administrasi Wildan Arief beserta Walikota Bandung Oded M. Danial diikuti lebih dari 200 orang dari berbagai elemen masyarakat para pengurus RT/RW se-kecamatan Kiaracondong, PD Kebersihan dan Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Kebersihan Kota Bandung.

Dalam acara tersebut secara simbolis diberikan bantuan peralatan kebersihan, berupa tong sampah sebanyak 100 buah, mesin pencacah sampah sebanyak 2 unit sekaligus launching Bank Sampah PKBL Pindad.

Di kesempatan yang sama, dalam upaya mensukseskan Gerakan Indonesia Membaca dan peduli liteasi melalui program 1.000 taman baca untuk negeri, Pindad mendirikan taman baca untuk warga.

“Melalui taman baca ini mudah-mudahan dapat meningkatkan minat baca dikalangan masyarakat khususnya kalangan usia dini, karena dengan banyak membaca maka akan terbukalah jendela dunia.” ujar Wildan.

Khusus mengenai taman baca, untuk memberikan kesan mendalam dari PT Pindad (Persero) untuk masyarakat maka diresmikan penamaan taman baca tersebut dengan nama Taman Baca Cakra Pindad.

Wildan menambahkan melalui program-program tersebut Pindad dapat memberikan kontribusinya untuk mendukung program Pemerintah Kota Bandung dalam mewujudkan visi “Bandung Bersih” sehingga Kota Bandung menjadi salah satu kota yang ramah lingkungan, nyaman dan layak huni serta warganya gemar membaca.

Sementara itu, Walikota Bandung Oded M Danial menyampaikan terimakasih kepada Pindad karena telah peduli membangun program kemitraan bina lingkungan dengan bantuan-bantuan yang diberikan termasuk dukungan program Pemkot Bandung Kang Pisman.

"Terimakasih kepada Pindad atas dukungannya untuk program Kang Pisman dalam bentuk penyuluhan tentang lingkungan, dan hadirnya bank sampah di wilayah sekitar Pindad, yang ternyata  dengan hadirnya PKBL Pindad khususnya di kelurahan babakan sari, menjadikan kelurahan ini sudah lebih terdepan dalam hal pengelolaan lingkungan." Ujar Oded.

Oded berharap perusahaan lainnya, baik BUMN, BUMD maupun swasta di Kota Bandung bisa meniru program yang telah dilakukan Pindad.

Tak hanya itu, Oded mencontohkan mesin pencacah plastik yang diberikan Pindad misalnya harus juga hadir di setiap kewilayahan, bisa dilakukan bertahap, mulai dari skala kelurahan hingga ke skala yang lebih luas. Lanjut Oded, dan yang terpenting dengan teknologi tepat guna bisa mewujudkan Kota Bandung dari kemandirian warganya.


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel